Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengumuman PPKM Hari Ini, Apakah Diperpanjang? Berikut Evaluasinya

Kompas.com - 01/11/2021, 17:45 WIB
Rosy Dewi Arianti Saptoyo,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PPKM Jawa-Bali akan berakhir hari ini, Senin (1/11/2021). Apakah akan diperpanjang?

Sebelumnya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diterapkan sejak dua minggu yakni 19 Oktober hingga 1 November 2021.

Pada periode PPKM 19 Oktober-1 November 2021 ini, pemerintah melonggarkan sejumlah kegiatan masyarakat. Salah satunya izin masuk bagi anak di bawah 12 tahun di tempat-tempat umum.

Baca juga: Daftar Terbaru Wilayah PPKM Level 1, 2, dan 3 Jawa-Bali

Peringatan dari presiden

Sebelumnya Presiden Joko Widodo mengungkap adanya 105 kabupaten/kota di 30 provinsi yang mengalami kenaikan kasus virus corona.

"Ada 105 kabupaten/kota di 30 provinsi yang kasus positifnya naik. Meskipun, sekali lagi, meskipun sedikit tetapi tetap ini harus diwaspadai," kata, Senin (25/10/2021).

Mengutip Kompas.com, Senin (1/11/2021), Jokowi tak merinci 105 kabupaten/kota tersebut. Namun, beberapa yang sempat mengalami kenaikan kasus di antaranya Maluku Utara pada 3 minggu lalu.

Kemudian, Papua Barat, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Utara pada 2 minggu lalu, serta Gorontalo, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Tenggara pada minggu kemarin.

Pihaknya mengatakan, sekecil apa pun kasus naik, jajaran kepala daerah harus meningkatkan kewaspadaan. Ia juga memerintahkan jajarannya memperkuat testing dan tracing.

"Oleh sebab itu, saya minta Gubernur, Pangdam, Kapolda mengingatkan kepada Bupati, Wali Kota, kepada Kapolres dan juga Dandim, Danrem agar tetap meningkatkan kewaspadaan, memperkuat tracingdan testing, dan juga tes betul-betul kontak eratnya dengan siapa," ujar dia.

Di hari yang sama, Menteri Koordonator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers daring mengatakan, secara nasional, situasi pandemi diklaim tetap terkendali.

Kasus konfirmasi Covid-19 di Indonesia dan Jawa-Bali masing-masing telah turun hingga 98,9 persen dari puncaknya pada 15 Juli lalu.

Baca juga: Hari Terakhir PPKM Jawa-Bali: Situasi Covid-19 Terkini dan Kasus Naik di 105 Wilayah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com