Kompas.com - 01/11/2021, 15:47 WIB

KOMPAS.com - Kurang tidur akan membuat badan kurus kering adalah mitos semata. Karena faktanya, kurang tidur justru bisa memicu pertambahan berat badan.

Ada kaitan yang sangat erat antara porsi tidur dengan kestabilan berat badan. Kurangnya porsi tidur bisa meningkatkan asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Gagalnya diet dan semakin bertambahnya berat badan, juga dipercaya bisa berasal dari gaya hidup yang tak sehat dengan pola tidur yang tak teratur.

Kaitan pola tidur dengan pola makan ternyata ada di masalah hormonal tubuh. Ketika Anda memiliki waktu tidur yang cukup, maka hormon tubuh pun akan bekerja dengan maksimal. 

Namun ketika waktu tidur Anda sangat kurang, maka sistem hormonal tubuh pun akan tersendat.

Baca juga: Mandi Malam Sebelum Tidur, Sebaiknya Menggunakan Air Panas atau Air Dingin?

Kaitan kurang tidur dengan selera makan

Melansir dari Sleep Foundationmemiliki waktu tidur yang cukup bisa menyuport kerja hormon yang mengatur selera makan, yaitu leptin dan ghrelin.

Leptin adalah hormon yang bertugas mengendalikan napsu makan serta rasa lapar. Sedangkan gherlin, hormon yang ada di dalam perut, adalah hormon yang menyeimbangkan leptin. Yaitu melahirkan rasa lapar, menyuport pertumbuhan dan mengatur produksi lemak.

Ketika memiliki waktu istirahat yang cukup, yaitu antara 7-8 jam setiap hari, produksi dan kerja hormon ini akan lancar, sehingga ada keseimbangan antara rasa lapar dan rasa kenyang.

Kurang tidur bisa membuat berat badan semakin naik.Unsplash/Diana Polekhina Kurang tidur bisa membuat berat badan semakin naik.
Namun ketika tidur Anda kurang dari 7 jam setiap harinya, maka akan terjadi ketidakseimbangan antara kedua hormon ini.

Produksi gherlin akan berlebihan, dan produksi leptin akan berkurang. Imbasnya Anda akan mudah lapar dan selalu berburu kudapan, bahkan di tengah malam sekali pun.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.