Kompas.com - 01/11/2021, 10:45 WIB
Hari Vegan Sedunia dirayakan setiap tanggal 1 November. Unsplash/Simon BergerHari Vegan Sedunia dirayakan setiap tanggal 1 November.

KOMPAS.com - Hari Vegan Sedunia jatuh setiap tanggal 1 November dan sudah dirayakan sejak tahun 1994.

Veganisme adalah sebuah gaya hidup sekaligus filosofi peduli pada lingkungan dan mempraktikkannya dengan hidup tanpa mengeksploitasi hewan. Baik menolak mengonsumsi hewan untuk makanan, pakaian, serta segala uji coba yang mengorbankan binatang.

Hingga kini masih banyak mitos salah dan stereotype yang ditujukan pada kelompok vegan, yang masih terus dipercaya oleh masyarakat.

Berikut ini adalah mitos salah dan fakta yang sebenarnya dari vegan yang perlu Anda ketahui, dilansir dari berbagai sumber:

Baca juga: Hari Vegan Sedunia 1 November, Sejarah dan Peringatannya

1.  Menjadi vegan butuh biaya mahal

Melansir dari Select Healthmitos ini salah. Karena menolak produk pangan hewani justru menggiring Anda ke produk makanan nabati yang sebenarnya berbiaya sangat terjangkau.

Hidup vergaya vegan bisa menjadi mahal jika Anda memilih prepackaged foods atau produk makanan vegan dari bahan nabati yang sudah diolah sedemikian rupa melalui berbagai proses pangan.

2. Menjadi vegan akan kekurangan protein

Mitos ini juga salah. Justru vegan akan mendapatkan plant based protein yang sangat cukup dari oats, kacang-kacangan, bayam, tahu, brokoli, dan masih banyak lagi.

Protein ini akan membuat Anda kenyang lebih lama, memberi asupan energi, juga membantu Anda membangun massa otot.

Baca juga: Untuk Vegan, Ini Bahan Pengganti Telur dalam Membuat Kue

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.