Kompas.com - 29/10/2021, 21:00 WIB

KOMPAS.com - Kebiasaan mendengkur menyusahkan orang lain. Teman tidur kitalah yang akan tersiksa dengan kebiasaan kita mendengkur ketika tidur ini.

Level gangguan yang ada tergantung dari intensitas dan volume dengkuran. Ada yang mendengkur dalam suara lirih, ada yang mendengkur dengan suara cukup kencang hingga terdengar hingga dari luar kamar.

Mendengkur sendiri bisa disebabkan oleh hal-hal di luar penyakit berat. Seperti karena hidung tersumbat, sleep apnea, atau karena anatomi hidung dan langit-langit lunak yang berbeda dan menyebabkan aliran udara menjadi tersendat.

Untuk mengurangi kebiasaan mendengkur, inilah 5 perubahan pola hidup yang bisa Anda lakukan:

Baca juga: Solusi agar Tak Mendengkur, Jaga Selalu Kesehatan Gigi dan Gusi

1. Mengubah posisi tidur

Tidur mendengkur bisa disebabkan banyak faktor, salah satunya salah posisi tidur.FREEPIK/SENIVPETRO Tidur mendengkur bisa disebabkan banyak faktor, salah satunya salah posisi tidur.
Jika Anda selalu tidur telentang, maka ubahlah posisi tidur menjadi miring ke kanan atau ke kiri.

Karena ketika tidur telentang, posisi lidah akan turun atau tertarik ke belakang dan menyumbat aliran udara. Melansir dari sleep.org, hal inilah yang bisa memicu dengkuran. 

Jadi sebelum berangkat tidur, posisikanlah tubuh dalam posisi miring ke kanan atau ke kiri. Untuk menghindari tubuh kembali telentang selama Anda tertidur pulas, Anda bisa memasang pengganjal berupa bantal atau guling di belakang punggung Anda.

2. Kurangi berat badan

Obesitas adalah faktor penyebab Anda memiliki kebiasaan tidur mendengkur. 

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.