Kompas.com - 27/10/2021, 19:36 WIB
Tangkapan layar pesawat maskapai penerbangan Garuda Indonesia menggunakan masker, Selasa (13/10/2020). dok. Instagram @garuda.indonesiaTangkapan layar pesawat maskapai penerbangan Garuda Indonesia menggunakan masker, Selasa (13/10/2020).

KOMPAS.com - Permasalahan keuangan yang melanda PT Garuda Indonesia (Persero) TbK membuat pemerintah mempersiapkan maskapai pengganti.

Melansir Antara, 24 Oktober 2021, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membenarkan rencana pemerintah menyiapkan PT Pelita Air Service sebagai pengganti Garuda.

Persiapan Pelita Air sebagai maskapai berjadwal ini untuk mengantisipasi apabila restrukturisasi dan negosiasi yang sedang dijalani oleh Garuda tak berjalan mulus.

"Kalau mentok ya kita tutup (Garuda), tidak mungkin kita berikan penyertaan modal negara karena nilai utangnya terlalu besar,’" kata Wakil Menteri BUMN II Kartiko Wirjoatmodjo.

Baca juga: INFOGRAFIK: Sejarah Garuda Indonesia

Lantas, masalah apa yang membelit Garuda hingga pemerintah menyiapkan Pelita Air sebagai maskapai pengganti?

Alasan Pelita Air sebagai maskapai pengganti Garuda Indonesia

1. Utang Garuda menumpuk

Diberitakan Kompas.com, 21 Oktober 2021, Garuda Indonesia diketahui memiliki utang yang menumpuk di sejumlah kreditur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Maskapai pelat merah itu juga telah beberapa kali mengajukan penundaan pembayaran utang yang sudah jatuh tempo kepada para krediturnya.

Pada Juni 2021, Garuda Indonesia tercatat sempat memiliki utang 4,9 miliar dollar AS atau setara Rp 70 triliun. Angka tersebut meningkat sekitar Rp 1 triliun setiap bulan karena terus menunda pembayaran kepada pemasok.

Baca juga: Putus Nyambung Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air

Perusahaan juga memiliki arus kas negatif dan utang minus Rp 41 triliun. Tumpukan utang tersebut disebabkan pendapatan perusahaan yang tidak bisa menutupi pengeluaran operasional.

Pada Mei 2021, Garuda Indonesia hanya memperoleh pendapatan sekitar 56 juta dollar AS.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.