Kompas.com - 27/10/2021, 08:05 WIB
Ilustrasi covid varian delta. Kasus infeksi Covid-19 Subvarian Delta, varian virus corona keturunan varian Delta. Disebut AY.4.2 atau dikenal juga sebagai varian Delta Plus. ShutterstockIlustrasi covid varian delta. Kasus infeksi Covid-19 Subvarian Delta, varian virus corona keturunan varian Delta. Disebut AY.4.2 atau dikenal juga sebagai varian Delta Plus.

KOMPAS.com - Mutasi virus corona terus bermunculan. Saat ini pemerintah tengah memonitor dan mewaspadai varian Corona AY.4.2 yang sedang berkembang di Inggris.

Meski disebutkan belum masuk ke Indonesia, varian Corona AY.4.2 tersebut berkontribusi dalam lonjakan kasus Covid-19 di Inggris sejak Juli hingga Oktober.

"Saat ini varian tersebut masih terus meningkat," ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers secara virtual melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (25/10/2021).

Budi mengatakan, pihaknya terus memonitor dan mewaspadai varian Corona AY.4.2. Bahkan juga memantau kabupaten/kota di Indonesia dalam kurun waktu 4 pekan terakhir.

Hasilnya, tercatat 105 kabupaten/kota mengalami peningkatan kasus.

Baca juga: Mutasi Virus Corona B.1.1.7 Terdeteksi di 5 Provinsi, Mana Saja?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut beberapa hal yang perlu diketahui soal virus corona varian Delta AY.4.2:

1. Terdeteksi di Inggris

Dikutip dari Medical News Today, 21 Oktober 2021, Badan Keamanan Kesehatan Inggris melaporkan ditemukannya subtipe baru dari varian Delta, yang disebut AY.4.2.

Subvarian ini menyebar di Inggris telah menimbulkan kekhawatiran.

Varian tersebut menyumbang 6 persen dari semua sekuens genetik SARS-CoV-2 per Minggu, 27 September 2021.

Selama 28 hari terakhir, Inggris telah mencatat jumlah kasus harian tertinggi dibanding negara lain, peringkat kedua setelah Amerika Serikat.

Baca juga: Daftar Negara yang Konfirmasi Varian Baru Virus Corona B.1.1.7

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.