Kompas.com - 25/10/2021, 16:02 WIB
Michael Jordan di Olimpiade Barcelona, 2 Agustus 1992. DIMITRI MESSINIS / AFPMichael Jordan di Olimpiade Barcelona, 2 Agustus 1992.

KOMPAS.com - Sepasang sepatu yang pernah dikenakan pebasket legendaris NBA Michael Jordan pada awal kariernya terjual 1.472.000 dollar AS atau sekitar Rp 21 miliar dalam sebuah lelang.

Melansir AFP, Senin (25/10/2021), sepatu Nike Air Ship tahun 1984 itu terjual dalam lelang yang diadakan oleh Sotheby pada Minggu (24/10/2021).

Sepatu kulit berwarna putih dengan kombinasi logo Nike berwarna merah itu dikenakan Michael Jordan pada pertandingan kelima rookie season saat masih memperkuat tim basket Chicago Bulls.

"Sneaker paling berharga yang pernah ditawarkan di pelelangan, Nike Air Ships yang dikenakan Michael Jordan pada musim reguler dari tahun 1984, baru saja terjual seharga 1.472.000 dollar AS dalam penjualan mewah kami di Las Vegas," demikian pernyataan resmi Sotheby melalui akun Twitter resmi.

Jika dikonversikan ke Rupiah, maka harga jual sepatu yang pernah dikenakan Michael Jordan itu sekitar Rp 20.880.320.000 atau hampir Rp 21 miliar.

Harga fantastis itu jauh melampaui rekor sebelumnya yang dipegang oleh sepasang sepatu Nike Air Jordans, yang terjual 615.000 dollar AS atau sekitar Rp 8.723.775.000 pada pelelangan Christie, Agustus 2020.

Hadiah dari Michael Jordan

Foto yang dibuat oleh Nike, saat Michael Jordan berpose dengan latar belakang siluet gedung-gedung pencakar langit di Chicago. Namun, dalam pose kali ini Jordan sudah mengenakan seragam hitam-merah milik klub Bulls Chicago.NIKE Foto yang dibuat oleh Nike, saat Michael Jordan berpose dengan latar belakang siluet gedung-gedung pencakar langit di Chicago. Namun, dalam pose kali ini Jordan sudah mengenakan seragam hitam-merah milik klub Bulls Chicago.
Sotheby mengatakan, sepatu itu merupakan hadiah dari Michael Jordan kepada Tommie Tim III Lewis, yang merupakan ball boy untuk Denver Nuggets selama musim 1984-1985.

Sepatu berukuran 13 (47,5 Indonesia) itu secara keseluruhan berada dalam kondisi baik, hanya ada bekas-bekas pemakaian karena pernah digunakan untuk bertanding.

Menurut Sotheby, pasar sepatu olahraga langka saat ini tengah melonjak, terlihat dari rekor harga yang telah beberapa kali dipecahkan dalam waktu dekat.

Satu dekade lalu, pasar sepatu olahraga hanya dilihat sebagai ceruk kecil.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.