Kompas.com - 25/10/2021, 14:00 WIB
Cappuccino lahir di Itali dan berkembang pesat seiring perkembangan mesin espresso Unsplash/Tyler NixCappuccino lahir di Itali dan berkembang pesat seiring perkembangan mesin espresso

KOMPAS.com - Seduhan cappuccino bukan seduhan baru, meski minuman ini baru populer di Amerika di pertengahan tahun 1980-an.

Di tanah Itali dan benua Eropa, campuran kopi, susu dan gula ini sudah meraja bertahun-tahun sebelumnya, dinikmati dari generasi ke generasi.

Cappuccino mengalami banyak modifikasi. Dari yang awalnya hanya berupa adukan kopi dan gula, menjadi sajian cappuccino yang kompleks seperti sekarang ini, yang menjadi menu wajib di kedai dan kafe kopi.

Di wilayah Kesultanan Turki, tradisi minum kopi sudah ada sejak ratusan tahun sebelum cappuccino lahir di Amerika.

Di sana bubuk kopi dan air direbus bersama, dan terkadang ditambah beberapa sendok gula sebagai pemanis.

Melansir dari The Spruce Eats, di tahun 1700-an, penduduk Inggris dan Perancis sudah mengenal langkah menyaring kopi menggunakan filter khusus. 

Daripada merebus kopi dengan air seperti nenek moyangnya, masyarakat Inggris di sekitar tahun tersebut, beralih ke metode menyeduh kopi dengan menggunakan filter kopi. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Inilah yang ditengarai sebagai cikal bakal cappuccino, meski bentuk seduhannya masih teramat sederhana.

Baca juga: Mengusir Kantuk dengan Menghirup Aroma Kopi

Lahirnya cappuccino

Di akhir tahun 1700-an, lahirlah minuman bernama kapuziner di Wina, Austria. Di tahun 1805, kapuziner dideskripsikan sebagai minuman kopi dengan gula dan krim. Dan di tahun 1850, kata "spices" ditambahkan ke dalam deskripsi kapuziner. 

Nah minuman ini, memiliki warna cokelat yang senada dengan warna jubah yang dikenakan para capuchin atau kapuzin, para frater yang hidup di Wina.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.