Kompas.com - 24/10/2021, 10:00 WIB
Meski sudah menopause, paus betina tua tak akan pernah meninggalkan kawanannya. Unsplash/Mike DohertyMeski sudah menopause, paus betina tua tak akan pernah meninggalkan kawanannya.

KOMPAS.com - Paus pembunuh atau killer whales juga melahirkan bayi layaknya manusia, layaknya makhluk mamalia lainnya.

Seluruh hewan mamalia mengalami proses melahirkan anak-anak bayinya sepanjang hidupnya. Namun hanya sedikit saja yang mengalami menopause layaknya manusia. Di mana tubuh berhenti bereproduksi, namun kehidupannya masih terus berlangsung.

Di dunia ini, makhluk yang mengalami menopause hanya beberapa saja. Selain manusia, ada empat jenis paus saja yang memiliki masa kedaluwarsa dalam bereproduksi.

Sebuah studi yang dirilis di Ecology and Evolution menyatakan bahwa ilmuwan telah menemukan bukti-bukti bahwa paus pun mengalami menopause. 

Studi ini dilakukan pada seekor paus pembunuh sepanjang 8 meter yang tinggal di sepanjang pesisir negara bagian Washington dan British Columbia.

Baca juga: World Orca Day, Mengenal Paus Orca yang Bisa Hidup hingga 80 Tahun

Proses menopause paus pembunuh

Mia Nielson dari Universitas Exeter, mengatakan bahwa paus pembunuh di bagian timur laut Samudra Pasifik Utara, yaitu paus pembunuh penduduk selatan atau resident killer whales, hidup di satu lingkungan kekerabatan yang di dalamnya berisi paus betina yang sudah menjadi nenek, ibu, anak-anak mereka, dan beberapa paus lain yang masih satu kerabat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika paus betina ini mengalami menopause alias berhenti melahirkan anak, paus betina tetap berada di dalam kawanan tersebut. 

Melansir Pop Science, paus betina yang sudah menopause berhenti berpetualang dan memilih tetap tinggal dalam kawanannya untuk mengedukasi anak dan cucunya tentang cara mencari sumber-sumber makanan.

Ilustrasi paus pembunuh (Orca whale) berenang di lautan lepas. Ilustrasi paus pembunuh (Orca whale) berenang di lautan lepas.
Dari studi yang dilakukan, didapat kesimpulan bahwa beberapa jenis paus pembunuh atau orca ini mengalami menopause di kisaran usia 30 tahun. Namun mereka tetap bisa hidup sehat hingga menginjak usia 60 bahkan 80 tahun.

Meskipun efek dari menopause yang terjadi pada paus betina tak terlalu bisa didefinisikan, namun penelitian tersebut mengungkap fakta bahwa paus betina yang sudah tua ini akan menjadi penjaga bagi kawanannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.