Kompas.com - 23/10/2021, 18:30 WIB
Pil KB bisa menyebabkan banyak efek samping, salah satunya mood swing. Unsplash/Simone Van Der KoelenPil KB bisa menyebabkan banyak efek samping, salah satunya mood swing.

KOMPAS.com - Mood swings memang bisa disebabkan oleh banyak faktor. Tapi siapa sangka, salah satu faktor yang ada adalah karena pengonsumsian pil KB.

Mood swings adalah perubahan suasana hati yang terjadi dalam waktu cepat, dari baik memburuk, atau sebaliknya.

Perubahan suasana hati ini terjadi dalam rentang waktu cukup dekat, sehingga sangat kentara dan merisaukan diri sendiri maupun orang-orang yang ada di sekitar kita.

Mood swings masih dibilang normal jika hanya terjadi sesekali saja. Namun jika perubahan suasana hati dalam waktu cepat ini terjadi sangat sering, Anda harus segera mencari penyebabnya.

Nah menurut penelitian, pengonsumsian pil KB dikatakan bisa memicu gangguan perubahan suasana hati atau mood swings ini.

Bagaimana bisa terjadi?

Baca juga: 8 Kebiasaan Buruk yang Bisa Menganggu Kesehatan Mental

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mood swings karena pil KB

Obat kontrasepsi oral ini adalah metode hormonal yang digunakan untuk mengontrol terjadinya pembuahan atau kehamilan.

Melansir dari Medical News Today, pil KB bertugas mencegah tubuh memproduksi sel-sel telur. Jadi ketika sperma masuk ke dalam rahim, tak akan ada sel telur yang siap untuk dibuahi sehingga tak akan terjadi kehamilan.

Karena bersifat hormonal, maka tentu saja akan ada efek samping yang ditimbulkan dari pengonsumsian pil KB secara kontinyu ini.

Efek samping ini beragam dan berbeda-beda pada masing orang. Efek samping yang paling sering muncul adalah munculnya bercak darah dari vagina, mual, payudara yang lebih sensitif, dan sakit kepala.

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.