Kompas.com - 23/10/2021, 16:30 WIB
Hujan-hujanan bisa membuat demam jika kondisi tubuh memang tengah sangat rentan. Unsplash/Daniel LincolnHujan-hujanan bisa membuat demam jika kondisi tubuh memang tengah sangat rentan.

KOMPAS.com - Air hujan membuat meriang juga kulit gatal-gatal, banyak orang yang hingga kini mempercayai hal ini.

Tapi benarkah air hujan bisa membuat kita sakit? Dan apa saja yang terkandung dalam air hujan sehingga bisa memicu timbulnya berbagai gangguan kesehatan tersebut?

Di daerah yang tak begitu subur, air hujan sendiri sering ditampung dalam suatu tempat atau tandon.

Biasanya, kumpulan air hujan tersebut akan digunakan untuk berbagai keperluan rumah seperti mandi, mencuci piring, minum, memasak, dan lain sebagainya.

Meski ada pro kontra soal pengonsumsian air hujan untuk kebutuhan makan dan minum, namun beberapa penduduk dunia masih terus melakukannya.

Baca juga: Mengapa Aroma Hujan dan Rumput yang Dipotong Selalu Menyenangkan?

Bahaya yang mengintip dari air hujan

Melansir dari laman Weatherstem, bermain di bawah hujan tak sontak membuat kita sakit, semua tergantung dari kondisi tubuh masing-masing.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun air hujan yang bersuhu jauh lebih dingin dari air biasa yang ada di ruang terbuka ini memang bisa membuat suhu tubuh menjadi drop.

Ketika suhu tubuh turun dengan drastis, maka tubuh bisa terancam hipotermia. Dan hipotermia bisa menganggu sistem imun tubuh kita.

Nah di samping itu, ketika hujan jatuh ke tanah, air hujan bisa membuat berbagai macam bakteri yang ada di tanah naik ke permukaan tanah yaitu ke udara bebas.

Di saat sistem imun turun dan kita menghirup bakteri dan virus yang ada itulah, akhirnya tubuh pun jadi rentan terpapar penyakit. Sehingga kita bisa demam, atau malah bersin-bersin dan terkena flu.

Baca juga: Fenomena Hujan Es Terjadi di Beberapa Daerah, Apa Penyebabnya?

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.