Kompas.com - 21/10/2021, 16:30 WIB
Batuk berdarah bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai luka dari tenggorokan karena terlalu sering batuk atau kanker paru. (Dok. Shutterstock)Batuk berdarah bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai luka dari tenggorokan karena terlalu sering batuk atau kanker paru.

KOMPAS.com - Batuk adalah mekanisme tubuh dalam mengeluarkan debu dan segala macam partikel yang bisa menimbulan iritasi di saluran napas.

Ketika ada partikel yang mengiritasi tenggorokan, maka sistem saraf akan memberi alarm kepada otak.

Kemudian otak akan memberi sinyal kepada otot-otot di dada dan abdomen untuk berkontraksi dan mengeluarkan udara demi mengusir partikel-partikel sumber iritasi yang mengganggu tersebut.

Melansir dari Healthline, batuk adalah pertahanan tubuh alami dalam memerangi dahak, asap, dan sumber alergi seperti debu, polen dan jamur.

Batuk sendiri ada berbagai macam. Mulai dari batuk berdahak, batuk kering, batuk paroxysmal atau batuk rejan, dan batuk krup atau batuk karena infeksi saluran pernapasan atas pada bayi.

Selain itu, ada pula hemoptisis atau batuk berdarah. Batuk berdarah bisa disebabkan berbagai macam hal, dari yang cukup ringan hingga berat.

Baca juga: 5 Cara Meredakan Serangan Batuk di Malam Hari

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bentuk batuk berdarah

Menurut Mayo Clinic, darah yang ada dari batuk berdarah bisa berasal dari berbagai sumber. Mulai dari paru, eksofagus, darah dari luka dalam hidung, atau malah dari dalam perut. 

Batuk berdarah bisa muncul jika ada pendarahan pada tenggorokan, trakea, atau dalam saluran dari dan menuju ke paru-paru.

Darah yang keluar biasanya tercampur dengan dahak atau cairan pernapasan, dan bisa berbentuk menyerupai gelembung.

Darah dari saluran napas berbeda dengan darah yang keluar dari area lain selain wilayah pernapasan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.