Kompas.com - 21/10/2021, 11:30 WIB
 Syarat dan Tata Cara Pembuatan Kartu Identitas Anak KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Syarat dan Tata Cara Pembuatan Kartu Identitas Anak

KOMPAS.com - Kartu Identitas Anak adalah kartu yang wajib dimiliki setiap warga negara Indonesia di bawah 17 tahun.

Kartu Identitas Anak atau KIA ini berlaku mulai dari anak lahir hingga anak berusia 17 tahun dan bisa berganti identitas dengan mengurus KTP.

Melansir dari Kompas.com, Selasa (23/03/2021), KIA terbagi dua, yaitu usia 0 hingga 5 tahun yang tak perlu dilengkapi dengan foto dan usia di atas 5 tahun yang harus dilengkapi dengan foto.

Ada banyak manfaat dari KIA. Pertama, kartu identitas ini digunakan sebagai syarat mendaftar sekolah. Kedua, KIA juga digunakan untuk mengurus perbankan ketika anak ingin membuat rekening pribadi.

Ketiga, KIA digunakan untuk mengurus klaim asuransi dan mengurus keimigrasian. Dan yang terakhir, KIA juga bisa bermanfaat mencegah perdagangan anak.

Mengurus KIA sangatlah mudah. Begitu juga mengurus revisi data jika ada kesalahan penulisan nama atau alamat yang ada di kartu identitas ini.

Baca juga: Cara Mengurus KIA yang Hilang

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelum mengurus revisi data KIA

Penampakan Kartu Identitas Anak di Kota Denpasar, Bali, Selasa (27/12/201).Anggita Muslimah Penampakan Kartu Identitas Anak di Kota Denpasar, Bali, Selasa (27/12/201).
Melansir dari Dispendukcapil Kabupaten Jember, sebelum melakukan revisi data, orang tua dari anak harus memperhatikan hal-hal tersebut di bawah ini:

1. Cermati letak kesalahan

Cermati dulu letak kesalahan yang ada. Jika sudah ditemukan, cocokkan segera dengan data yang ada di kartu keluarga atau KK dan akta kelahiran.

Data pada KIA mengikuti data yang ada pada KK dan akta kelahiran. Jika data pada KK dan akte salah, maka kemungkinan besar data pada KIA juga akan salah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.