Kompas.com - 19/10/2021, 20:00 WIB
Beberapa orang yang berhenti merokok mengalami kenaikan berat badan. Alpanya nikotin di dalam tubuh membuat otak mengeluarkan sinyal kelaparan. SHUTTERSTOCKBeberapa orang yang berhenti merokok mengalami kenaikan berat badan. Alpanya nikotin di dalam tubuh membuat otak mengeluarkan sinyal kelaparan.

KOMPAS.com - Nikotin di dalam rokok adalah zat adiktif. Sehingga merokok bisa dipastikan akan melahirkan candu.

Karena mengandung zat adiktif, berhenti merokok bukanlah perkara yang mudah. 

Seperti bahan candu lainnya, ketika tubuh dipaksa berhenti mengonsumsi, akan ada reaksi penarikan atau withdrawal yang menimbulkan sensasi tak nyaman.

Dalam hal merokok, reaksi withdrawal  ini bisa bermacam-macam. Mulai dari rongga mulut yang terasa pahit atau asam, gugup, gelisah, hingga kenaikan berat badan yang terjadi pelan namun pasti.

Baca juga: Jangan Merokok di Dalam Rumah, Nikotin Bisa Membunuh Tanaman Indoor

Mengapa berat badan naik ketika berhenti merokok

Melansir Times of India, yang paling bertanggung jawab pada kenaikan berat badan selepas berhenti merokok adalah otak.

Gejala putus nikotin ini membuat otak mengeluarkan sinyal untuk mencari atau berburu makanan yang kurang sehat seperti junkfood.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nikotin dalam rokok bisa membunuh selera makan.Shutterstock Nikotin dalam rokok bisa membunuh selera makan.
Selain reaksi withdrawal, nikotin sendiri adalah senyawa yang membuat tubuh kehilangan selera makan. Jadi ketika nikotin tak lagi menguasai aliran darah, selera makan pun akan kembali normal, bahkan cenderung membabi buta

Kedua hal inilah yang membuat Anda makan banyak selepas berhenti merokok. Mudah lapar, juga sering dialami oleh mereka yang mencoba melepas kecanduan nikotinnya.

Penyebab lain pertambahan berat badan selepas berhenti merokok adalah adanya metabolisme tubuh yang melambat selepas nikotin berkurang dratis.

Dengan metabolisme lebih lambat, tubuh akan membakar lebih sedikit kalori dibanding ketika tubuh masih kemasukan nikotin. Imbasnya, tumpukan lemak dan kolesterol akan semakin menggunung.

Baca juga: 10 Kebiasaan Buruk yang Bisa Membuat Tambah Gendut

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.