Rachel Vennya Bawa Anak di Bawah 12 Tahun Terbang ke Bali, Bolehkah? Ini Tanggapan Satgas

Kompas.com - 19/10/2021, 16:15 WIB
Selebgram Rachel Vennya YouTube BWSelebgram Rachel Vennya

KOMPAS.com - Selebgram Rachel Vennya kembali menjadi perbincangan publik.

Setelah sebelumnya diketahui kabur dari masa karantina selepas pulang dari Amerika Serikat, kini Rachel mengaku membawa anaknya yang berusia di bawah 12 tahun terbang ke Bali.

Menurut Rachel, ia bisa membawa anaknya pergi ke Bali karena ada ikatan kontrak kerja dengan salah satu agen perjalanan.

"Aku bisa bawa anak-anak aku karena aku tanggal 26 September itu emang ada kerja sama sama suatu travel agent untuk YouTube," kata Rachel dalam wawancara dengan Boy William di akun YouTube BW, Senin (18/10/2021).

"Aku membawa seluruh keluarga aku, di situ akhirnya aku mendapatkan surat tugas dari travel agent tersebut bahwa izin untuk flight bersama anak-anak aku," ujar dia.

Ia menyebut, pihak maskapai juga mengizinkan anaknya ikut terbang, karena ada surat tugas.

Baca juga: Anak Bisa Ikut Terbang ke Bali, Rachel Vennya: Ada Surat Tugas dari Perusahaan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apakah diperbolehkan membawa anak di bawah 12 tahun untuk melakukan perjalanan udara?

Tidak dibenarkan

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menegaskan, kelonggaran aturan itu hanya diizinkan untuk anak yang ikut perjalanan dinas karena alasan pindah tugas.

Selain kondisi itu, membawa anak berusia di bawah 12 tahun bepergian dalam negeri antar kabupaten atau kota atau provinsi, tidak dibenarkan.

"Ada diskresi sebagaimana yang disampaikan pihak Kementerian Perhubungan untuk ikut perjalanan dinas atau pekerjaan saat hendak melakukan pindah tugas. Selain itu, tidak dibenarkan," kata Wiku saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (19/10/2021).

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.