Kompas.com - 19/10/2021, 16:00 WIB
Obat Covid-19 molnupiravir yang diproduksi perusahan farmasi Merck. Obat antivirus ini dilaporkan dapat menekan risiko masuk rumah sakit atau kematian karena Covid-19 hingga 50 persen. Obat ini pun sudah dilirik banyak negara, termasuk Indonesia. MERCKObat Covid-19 molnupiravir yang diproduksi perusahan farmasi Merck. Obat antivirus ini dilaporkan dapat menekan risiko masuk rumah sakit atau kematian karena Covid-19 hingga 50 persen. Obat ini pun sudah dilirik banyak negara, termasuk Indonesia.

KOMPAS.com - Pemerintah saat ini tengah menjajaki beberapa alternatif obat untuk penyembuhan Covid-19.

Salah satunya adalah Molnupiravir, Proxalutamide, dan AT-527.

"Selain Molnupiravir dari Merck, saat ini terdapat obat Proxalutamide yang sedang dalam tahap uji klinis ketiga di Indonesia dan sedang berproses di BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan)," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers Senin (19/10/2021).

Luhut juga menyebut alternatif lain, yakni AT-527 yang tengah dikembangkan oleh Rosche dan Athea.

Lantas, apa itu Proxalutamide dan AT-527?

Baca juga: Luhut dan Menkes Jajaki Obat Molnupiravir di AS, Obat Apa Itu?

Proxalutamide

Dikutip dari Reuters, Proxalutamide adalah obat kanker prostat eksperimental yang diklaim meningkatkan kelangsungan hidup pasien Covid-19 yang tengah dirawat di rumah sakit berdasarkan uji klinis pada pasien di rumah sakit Brasil.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Proxalutamide dikembangkan oleh Kintor Pharmaceuticals China.

Obat ini bekerja dengan cara memblokir efek hormon androgen dengan menonaktifkan reseptor pada permukaan sel.

Nantinya, sebelum virus corona yang menembus sel dan menginfeksinya, maka sel 'disiapkan' oleh protein yang disebut TMPRSS2 yang telah diatur oleh reseptor androgen.

Berdasarkan uji coba di Brasil, dari sebanyak 645 pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit, tingkat pemulihan mencapai 81,4 persen.

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.