Kompas.com - 18/10/2021, 13:30 WIB
Sakit kepala bisa mendera ketika tubuh kelaparan. Ketika kekurangan makanan dan cairan, tubuh rawan dehidrasi dan turun kadar gula dalam darahnya. Unsplash/MehrpouyaSakit kepala bisa mendera ketika tubuh kelaparan. Ketika kekurangan makanan dan cairan, tubuh rawan dehidrasi dan turun kadar gula dalam darahnya.

KOMPAS.com - Sakit kepala bisa muncul karena berbagai sebab. Bisa karena kelelahan sehingga saraf dalam kondisi tegang, dehidrasi, kebanyakan kafein, asam lambung, juga kelaparan.

Kelaparan memang bisa menyebabkan sakit kepala. Coba ingat-ingat ketika Anda berpuasa, berapa kali Anda terdera sakit kepala?

Disebut hunger headachesakit kepala karena kurang makan ini bisa datang perlahan-lahan atau mendadak, konstan, baik di sebelah kanan atau kiri kepala.

Melansir Very Well Health, hunger headache biasanya akan mereda perlahan-lahan begitu Anda mengonsumsi makanan.

Baca juga: Asam Lambung Bisa Menyebabkan Sakit Kepala, Ini Cara Mengatasinya

Kondisi tubuh ketika kelaparan

Ketika Anda berpuasa atau kurang makan dan minum, maka tubuh rentan terseret ke berbagai situasi kesehatan yang kurang menyenangkan.

Yang pertama adalah merosotnya kadar gula di dalam darah atau disebut hipoglikemia. Ketika Anda tak makan dan minum selama berjam-jam, maka kondisi ini berisiko terjadi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Orang tanpa diabetes, disarankan maksimal memiliki rentang 3 jam tanpa mengonsumsi makanan dan minuman. Lebih dari itu, bisa dipastikan kadar gula dalam darah akan turun.

Ilustrasi sakit kepalaPEXELS/ANDREA PIACQUADIO Ilustrasi sakit kepala
Drop atau turunya kadar gula dalam darah biasanya ditandai dengan sakit kepala, badan yang terasa lemah, kebingungan, dan gemetar.

Kondisi kedua yang bisa terjadi adalah dehidrasi. Ketika tubuh tak bisa melakukan metobolisme dasar secara maksimal karena kekurangan air, maka pembuluh darah akan menyempit secara otomatis. Hal inilah yang memicu lahirnya sakit kepala.

Kondisi terakhir yang bisa terjadi ketika tubuh kelaparan adalah caffeine withdrawal atau sensasi tubuh menuntut kafein.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.