Kompas.com - 18/10/2021, 12:30 WIB
Ilustrasi BPJS Kesehatan, cara turun kelas BPJS Kesehatan Audia Natasha PutriIlustrasi BPJS Kesehatan, cara turun kelas BPJS Kesehatan

KOMPAS.com - Ketika mendaftar BPJS Kesehatan, kita akan disuruh menentukan fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama mana yang akan dipilih. 

Faskes pertama ini bisa berupa puskesmas, klinik kesehatan atau dokter umum yang bermitra dengan BPJS Kesehatan yang dekat dengan tempat tinggal Anda.

Namun tak jarang karena beberapa alasan, peserta BPJS Kesehatan ingin berganti atau berpindah faskes ini. Seringnya, adalah karena alasan pindah domisili dan faskes yang pernah dipilih ternyata terletak jauh dari alamat domisili baru.

Nah untuk Anda yang ingin berganti faskes, berikut ini adalah langkah mudah melakukannya:

Baca juga: Panduan Mencetak Kartu BPJS Kesehatan

Cara pindah faskes melalui online

Cara pertama untuk memindah faskes adalah dengan cara online yaitu dengan mengakses aplikasi Mobile JKN yang bisa Anda unduh di Playstore.

Melansir laman bpjs-kesehatan.go.id, berbagai layanan administrasi bisa diakses masyarakat melalui aplikasi ini. Mulai dari pendaftaran peserta baru, perubahan data peserta, informasi tagihan, riwayat pelayanan kesehatan peserta, pengaduan keluhan, dan masih banyak lagi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk memindah atau mengganti faskes, berikut cara yang harus Anda lakukan:

1. Unduh aplikasi dan klik "Pendaftaran Pengguna Mobile"

2. Kemudian masukkan nomor kartu JKN KIS milik Anda, dan isi data seperti NIK KTP dan alamat email.

3. Nomor aktivasi akan dikirimkan melalui email, Anda tinggal memasukkan nomor tersebut di aplikasi untuk membuat aplikasi segera aktif.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.