Kompas.com - 18/10/2021, 11:30 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

KOMPAS.com - Hari Menopause Sedunia diperingati pada hari ini, Senin (18/10/2021).

Secara biologis, menopause diartikan sebagai kondisi di mana perempuan berhenti mengalami haid jelang usia setengah abad.

Akan tetapi, gejala menopause yang dialami setiap perempuan bisa berbeda-beda. Gejala itu mulai dari masalah kesehatan yang kompleks, hingga permasalahan psikologis.

Oleh karena itu, Hari Menopause Sedunia diperingati untuk meningkatkan kesadaran, tidak hanya bagi para perempuan, tetapi juga keluarga dan komunitas untuk mendukung para perempuan di masa menopause.

Sejarah Hari Menopause Sedunia

Hari Menopause Sedunia diperingati pada tanggal 18 Oktober setiap tahun sejak 2009.

Pada 2009, International Menopause Society (IMS) bekerja sama dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), telah menetapkan Oktober sebagai Bulan Kesadaran Menopause Sedunia, dengan 18 Oktober sebagai puncaknya.

Melansir laman IMS, tujuan dari hari ini adalah untuk meningkatkan kesadaran akan menopause dan dukungan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan perempuan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

IMS sendiri sudah berdiri sejak 1978. Organisasi ini bergerak secara global untuk mendukung akses perawatan kesehatan bagi perempuan di masa menopause.

Organisasi ini juga secara aktif mendorong para profesional dan perempuan untuk berpartisipasi dalam kampanye peningkatan kesadaran global terkait menopause.

Tema Hari Menopause Sedunia 2021

Pada peringatan Hari Menopause Sedunia 2021, IMS mengusung tema kesehatan tulang.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.