Kompas.com - 17/10/2021, 12:05 WIB
Ilustrasi kaki terkilir thinkstock/comzealIlustrasi kaki terkilir

KOMPAS.com - Terkilir merupakan kondisi yang sering dialami ketika sedang berolahraga.

Dalam pemahaman kebanyakan orang, langkah pertama yang dilakukan ketika sedang terkilir adalah memijat bagian tubuh yang terkilir.

Lantas benarkan tindakan tersebut?

Dokter Spesialis Orthopedi dan Traumatologi dari Universitas Indonesia (UI) Achmad Fauzi Kamal mengatakan, terkilir dalam bahasa kedokteran dikenal dengan sprain.

Baca juga: Kenali Linea Nigra, Garis Samar yang Ada di Perut Perempuan

Sprain sendiri memiliki tiga tingkatan, yaitu ringan, sedang, dan berat.

Hal ini berkaitan dengan penanganan yang dilakukan ketika sedang terkilir.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pada keadaan terkilir, lazimnya disertai dengan bengkak dan memar kebiruan, dengan gejala nyeri," kata Fauzi saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (16/10/2021).

Baca juga: 5 Ramuan Alami Pereda Sakit Tenggorokan

Ilustrasi keseleo, cara mengatasi keseleo salah satunya dengan kompresi atau perban elastisShutterstock/Pressmaster Ilustrasi keseleo, cara mengatasi keseleo salah satunya dengan kompresi atau perban elastis

Saat sedang terkilir atau keseleo, pertolongan pertama yang harus dilakukan yakni dengan metode RICE (Rest, Ice, Compression, Elevationn) untuk mengurangi bengkak dan nyeri.

Rest maksudnya adalah menghentikan aktivitas sesegera mungkin, meski masih merasa kuat, sedangkan Ice adalah memberikan es pada bagian terkilir untuk mengurangi rasa nyeri.

Compression (kompres) sendiri dilakukan dengan es yang dibalut dengan kain dan ditempelkan ke bagian tubuh yang terkiril.

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.