Kompas.com - 16/10/2021, 13:30 WIB
Memperbanyak vitamin C bisa membuat kulit usia 30 tahun jauh dari kusam dan kering. Unsplash/AvdalyanMemperbanyak vitamin C bisa membuat kulit usia 30 tahun jauh dari kusam dan kering.

KOMPAS.com - Perawatan kulit harus disesuaikan dengan usia dan kondisi kulit. Perawatan kulit usia 20 tahunan tentu akan berbeda dengan perawatan kulit di usia 30 tahunan.

Hal ini lantaran masing-masing rentang usia memiliki potensi gangguan kulit sendiri-sendiri. Misalnya di usia belasan, kulit wajah rentan terganggu jerawat juga produksi sebum yang berlebihan.

Sedangkan di usia 30 tahun menjelang 40 tahun, gangguan kulit yang lahir lebih banyak menyoal tentang kulit yang kusam, kering, dan berpotensi mudah keriput.

Melansir dari NDTV, selain keriput yang sudah mulai muncul, usia 30 tahun juga biasanya terganggu lingkaran hitam pada mata, jerawat yang muncul kembali dan dinamakan adult acne yang disebabkan masalah hormonal, dan juga berbagai kerusakan kulit lainnya karena paparan sinar matahari.

Jika berbagai gangguan kulit di usia kepala tiga ini tak diatasi, maka kulit Anda di usia kepala empat akan semakin memburuk.

Baca juga: Gejala Katarak yang Mulai Muncul di Usia 40 Tahun

Tips merawat kulit usia 30 tahun

Berikut ini tips perawatan kulit untuk usia 30 tahun atau usia menjelang 40 tahun:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Bersihkan rutin

Membersihkan wajah menjadi tahap penting dalam urutan skincare malam untuk membantu menghilangkan sisa-sisa kotoran dan minyak atau mengangkat sisa riasan wajah.SHUTTERSTOCK Membersihkan wajah menjadi tahap penting dalam urutan skincare malam untuk membantu menghilangkan sisa-sisa kotoran dan minyak atau mengangkat sisa riasan wajah.
Di kepala tiga, Anda harus lebih rutin membersihkan kulit wajah. Bersihkan kulit di pagi hari dan bersihkan pula sisa make up sebelum Anda berangkat tidur di malam hari.

Gunakan produk pembersih wajah yang cocok untuk jenis kulit Anda.

2. Angkat sel-sel kulit mati

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.