Kompas.com - 15/10/2021, 20:05 WIB
Tangkapan layar laman pemeriksaan sandi Google Kompas.com/Nur Fitriatus ShalihahTangkapan layar laman pemeriksaan sandi Google

KOMPAS.com - Berbagai platform memiliki celah untuk dibobol. Oleh karena itu, berbagai proteksi harus dilakukan agar tak terjadi pencurian data pribadi.

Terkadang, orang-orang memanfaatkan simpan sandi di Google Chrome agar lebih cepat saat membuka suatu laman atau aplikasi. Akan tetapi, kebiasaan ini ada potensi dibobol oleh peretas.

Di lamannya, Google memberitahu pengguna bahwa Google akan meminta pengguna untuk mengubah sandinya jika terdeteksi dibobol. Pemberitahuan itu akan dikirimkan lewat e-mail.

"Kami akan meminta Anda mengubah sandi Akun Google Anda jika kami yakin bahwa sandi tersebut tidak aman, meski Anda tidak menggunakan Pemeriksaan Sandi," tulis Google.

Baca juga: Selamat Ulang Tahun Ke-23 Google! Ini Sejarah Perjalanannya

Pemerhati keamanan siber sekaligus staf Engagement and Learning Specialist di Engage Media, Yerry Niko Borang, menjelaskan, memang ada fitur Google untuk melacak ketika password seseorang bocor atau dibobol.

"Ini fitur Google Password Manager, sejak 2019. Ada alert atau notifikasi yang akan dikirim ke pengguna jika memasukkan password yang telah dicuri," kata Yerry kepada Kompas.com, Jumat (15/10/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia menjelaskan, Google membandingkan password yang dimasukkan dan disimpan di Google Password Manajer dengan data password yang beredar di internet.

Oleh karena itu, Google bisa mendeteksi ketika password seseorang bocor.

"Google menggunakan kalimat kunci dan password yang terenkripsi untuk dibandingkan," jelas Yerry.

Jika Google sudah memberi peringatan bahwa sandi pengguna bocor, artinya ada password yang disimpan di Google Chrome yang bocor.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.