Kompas.com - 15/10/2021, 19:05 WIB
Dalam hujan kita menemukan aroma yang menenangkan, proses ilmiah bakteri tanah yang terkena air terhubung dengan memori menyenangkan yang ada di otak kita. Unsplash/Todd DiemerDalam hujan kita menemukan aroma yang menenangkan, proses ilmiah bakteri tanah yang terkena air terhubung dengan memori menyenangkan yang ada di otak kita.

KOMPAS.com - Aroma rumput yang habis dipotong selalu menyegarkan. Aroma tersebut selalu mengarahkan ingatan ke hijau daun, ke alam yang tumbuh subur.

Begitu juga dengan aroma hujan yang jatuh menimpa tanah. Ada bau khas yang langsung dikenali otak sebagai aroma yang membuat bahagia.  

Apakah yang sebenarnya ada di balik aroma rumput dan hujan tersebut? Dan mengapa aroma tersebut selalu bisa melahirkan hormon-hormon bahagia?

Baca juga: Jangan Merokok di Dalam Rumah, Nikotin Bisa Membunuh Tanaman Indoor

Aroma rumput yang baru dipotong

Melansir dari Live Science, sebuah studi menemukan bahwa rumput yang baru dipotong mengeluarkan senyawa berbasis karbon yang bernama green leaf volatiles (GLV).

Molekul GLV sangat kecil, sehingga bisa terangkut udara dan masuk ke rongga hidung kita. GLV membawa aroma-aroma khas, tergantung pada kondisi tanaman yang ada tengah terdampak apa.

Tanaman yang dimakan serangga bisa menyebabkan GLV mengeluarkan aroma yang berbeda. Nah bagi predator, GLV ini bisa dideteksi dari jarak jauh dan menjadi penanda bahwa di tempat tersebut terdapat banyak makanan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rumput yang dipotong mengeluarkan GLV, dan manusia memilik ingatan menyenangkan terhadap GLV tertentu.Unsplash/Rasa Kasparavicien Rumput yang dipotong mengeluarkan GLV, dan manusia memilik ingatan menyenangkan terhadap GLV tertentu.
Manusia tak mendeteksi GLV karena manusia ingin mengudap serangga yang menyantap tanaman tertentu. Namun manusia memiliki ingatan akan aroma GLV tertentu yang menandakan tanaman enak disantap atau buah sudah matang sempurna.

Nah GLV pada rumput yang baru dipotong, memiliki kemiripan karakter dengan GLV sayur dan buah-buahan yang kita sukai.

Dalam laman Science Focus juga disebutkan, bahwa GLV dari rumput yang dipotong membuat bahagia karena aromanya mengingatkan kita akan liburan dan piknik yang menyenangkan.

Kenapa bisa begitu? Karena sebuah liburan biasanya akan dipenuhi dengan makanan-makanan dari alam seperti sayur dan buah-buahan segar.

Baca juga: 11 Makanan Terbaik untuk Meningkatkan Kinerja Otak dan Memori

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.