Kompas.com - 15/10/2021, 13:05 WIB
Kudapan tinggi zat gula bisa menganggu kestabilan gula dalam darah, efeknya kita akan merasa letih, lesu dan bad mood. Unsplash/Viktor ForgacsKudapan tinggi zat gula bisa menganggu kestabilan gula dalam darah, efeknya kita akan merasa letih, lesu dan bad mood.

KOMPAS.com - Bad mood bisa menyerang kapan saja dan di mana saja. Perubahan suasana hati dari tenang dan baik-baik saja menjadi suasana hati yang sedih atau penuh amarah ini bisa dipicu berbagai macam hal.

Pemicu bad mood bisa berupa perubahan hormon, stres, pengaruh obat-obatan kimia yang sedang dikonsumsi, atau kurang tidur.

Menurut studi, bad mood bahkan juga bisa dipicu oleh makanan yang kita santap sehari-hari.

Beberapa senyawa di dalam makanan bisa mengganggu atau mempengaruhi neurotransmitter di dalam otak.

Jadi apa yang kita makan dan minum, sangat mempengaruhi keseimbangan bahan kimia di dalam otak. Bisa membuat mood membaik atau justru membuat mood memburuk. 

Dilansir dari Eatthis, ini 8 bahan makanan dan minuman yang bisa menyeret Anda ke dalam suasana hati bad mood. 

Baca juga: Cara Sederhana Mengawetkan Buah Pisang

1. Bagel

Meski enak, tapi bagel terbuat dari white grains yang tak memiliki banyak kandungan nutrisi.Unsplash/may lawrence Meski enak, tapi bagel terbuat dari white grains yang tak memiliki banyak kandungan nutrisi.
Kudapan ini selalu menggoda. Bagel enak dicicip perlahan-lahan bersama secangkir kopi atau teh panas.

Tapi apakah Anda tahu jika bagel bisa membuat Anda merasa letih, lesu dan juga bad mood?

Bagel terbuat dari white grains, yang tak memiliki kandungan nutrisi tinggi. Jadi ketika Anda mengonsumsi bagel begitu saja, Anda berisiko mengalami kadar gula darah yang tak seimbang. 

Ada baiknya Anda mengonsumsi bagel dengan sumber protein seperti peanut butter agar kandungan nutrisi bagel bisa disempurnakan.

2. Kwaci

Biji-bijian yang dikemas pabrikan seperti kwaci juga bisa menganggu suasana hati Anda.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.