Kompas.com - 11/10/2021, 19:45 WIB
Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan screenshootMenko Marves Luhut Binsar Panjaitan

KOMPAS.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, Indonesia akan membuka penerbangan Internasional dari 18 negara. 

Pembukaan pintu masuk bagi warga negara asing ini akan dilakukan pada pekan ini.

Namun pembukaan pintu masuk bagi 18 negara tersebut tidak termasuk dari Singapura, mengingat kondisi Covid-19 di negara tersebut. 

“Pembukaan penerbangan Internasional ke Bali yang akan dilakukan pada pekan ini, diharapkan mampu untuk memulihkan Ekonomi Bali yang masih jauh di bawah kondisi Pra Pandemi,” ujar Luhut sebagaimana dikutip dalam Konferensi Pers di Youtube Sekretariat Presiden, Senin (11/10/2021).

Baca juga: Indeks Pemulihan Covid-19 Indonesia Nomor 1 di Asia Tenggara

Rincian 18 negara tidak termasuk Singapura

Luhut menyebutkan, rincian 18 negara tersebut akan diumumkan secara terpadu dalam surat edaran SE Menteri Dalam Negeri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski demikian, dalam siaran tersebut Luhut juga mengatakan, Singapura belum termasuk sebagai negara yang diizinkan masuk ke Indonesia.

“Nama-nama negara yang akan diumumkan ada 18 negara saya kira Singapura belum termasuk. Karena belum memenuhi standar level 1dan 2 sesuai WHO,” ujarnya.

Rencana pembukaan penerbangan Internasional ke Bali diharapkan mampu memulihkan ekonomi Bali yang saat ini masih jauh di bawah kondisi Pra Pandemi.

Akan tetapi Luhut mengatakan pembukaan harus dilakukan secara hati-hati walaupun kasus Covid-19 sudah cenderung menurun.

“Rencana pembukaan Bali sesuai arahan Presiden dalam rapat terbatas siang ini beliau menyampaikan agar betul-betul disiapkan secara maksimal dan harus dilakukan simulasi terlebih dahulu sebelum benar-benar dibuka,” kata Luhut.

Baca juga: Update Corona: Kasus Melonjak, Singapura Lanjutkan Hidup Bersama Covid-19

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.