Jaya Suprana
Pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan

Penulis adalah pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan.

Onfray Anti-Freud

Kompas.com - 10/10/2021, 06:00 WIB
Sigmund Freud ShutterstockSigmund Freud

AKIBAT bahasa Prancis saya hanya memadai untuk membaca komik Asterix mahakarya Goscigny didukung gambar-gambar yang dibuat oleh Uderzo, maka saya tidak mampu membaca buku kontroversial Michel Onfray dalam bahasa aslinya yaitu Prancis.

Saya hanya mampu membaca buku Onfray berjudul Anti-Freud yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman dengan sub-judul Die Psychoanalyse wird entzaubert yang tentu saja mustahil secara sempurna mengungkap makna yang diniatkan Onfray dalam bahasa Prancis.

Lima bab

Buku Anti-Freud garapan Michel Onfray terdiri dari lima bab.

Bab pertama Symptomatologie mengupas pandangan filosofis Freud berserta sukma yang dicuri Freud dari pemikiran Nuietzche.

Bagian kedua, Ginealogie mengulas hubungan internal keluarga Freud dikaitkan dengan teori Oedipus-Komplexes serta Vatermorde. Juga diungkit hubungan Freud dengan Ibu dan putrinya yang menurut Onfray beraroma inses.

Bagian ke tiga, Methodologie mengkritik metode terapi Freud yang menggunakan kokain dan terapi kejutan elektronik yang memang kini sudah ditinggalkan di samping kerinduan Freud terhadap pengakuan sosial mau pun ilmu kedokteran.

Bab keempat, Thaumaturgue menyebut bahwa psikoanalisa yang dianggap dibapaki Freud pada hakikatnya sebenarnya sudah didayagunakan kaum Sofis seperti Antiphon dari Athena.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada bagian akhir, Ideologie, Onfray menelaah hubungan Freud dengan Mussolini di samping kecenderungan Freud terhadap misogynist dan homophobia beserta pandangan Freud terhadap masturbasi.

Kritik

Buku Michel Onfray relatif tidak terlalu dihiraukan oleh para ilmuwan perilaku Jerman karena Sigmund Freud lebih diberhalakan di Amerika Serikat ketimbang di Jerman.

Di Amerika Serikat, Sigmund Freud bersama Albert Einstein dianggap sebagai superstar Yahudi korban kekejaman Adolf Hitler yang memang sangat antiyahudi.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.