Kompas.com - 08/10/2021, 12:00 WIB
Ada banyak gejala tak lazim dari diabetes, sering pusing adalah salah satunya. Unsplash/Dev AsangbamAda banyak gejala tak lazim dari diabetes, sering pusing adalah salah satunya.

KOMPAS.com - Diabetes memiliki banyak gejala, meski begitu, ada banyak orang dengan diabetes yang tak menyadari bahwa tubuhnya memiliki gangguan dalam mengatur insulin.

Orang dengan diabetes terbagi menjadi dua, yaitu yang tubuhnya tidak bisa memproduksi insulin, dan orang yang tubuhnya memproduksi insulin namun tak bisa menggunakan insulin dengan semestinya.

Kedua tipe diabetes ini menurut Healthline, sama-sama membuat tubuh kelebihan zat gula di aliran darahnya.

Tanpa insulin yang bekerja dengan semestinya, zat gula akan terus ada di dalam aliran darah karena tak terombak maksimal dan masuk ke dalam sel tubuh.

Karena diabetes adalah penyakit progresif, maka hendaknya Anda mewaspadai gejala-gejala awal diabetes, termasuk gejala yang tak lazim sekali pun.

Baca juga: Hati-hati, Ini Alarm Tubuh yang Menandakan Anda Kebanyakan Zat Gula

Gejala tak lazim dari diabetes

Berikut ini berbagai gejala tak lazim dari diabetes, yang bisa mengindikasikan Anda sudah berlebih zat gula di dalam aliran darah:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Tengkuk menghitam

Diabetes membuat sel kulit bereproduksi lebih cepat sehingga menimbulkan hiperpigmentasi. Biasanya hal ini terjadi di area tengkuk, ketiak dan selangkangan.Unsplash/Romina Farias Diabetes membuat sel kulit bereproduksi lebih cepat sehingga menimbulkan hiperpigmentasi. Biasanya hal ini terjadi di area tengkuk, ketiak dan selangkangan.
Salah satu gejala yang mungkin timbul adalah adanya perubahan warna kulit terutama di area leher.

Selain dia area tengkuk, hiperpigmentasi ini juga bisa terjadi di ketiak juga di paha bagian dalam mendekati area selangkangan.

Kondisi ini biasanya muncul pada mereka yang mengidap diabetes tipe 2, yaitu yang tubuhnya tak bisa menggunakan insulin secara semestinya.

Ketika insulin menumpuk di aliran darah, maka insulin ini bisa membuat sel-sel kulit bereproduksi lebih cepat.

Baca juga: Kenali Gejala Awal Diabetes dan Cara Mencegahnya

2. Indera penglihatan terganggu

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.