Kompas.com - 08/10/2021, 05:25 WIB
Berita Populer Tren 8 Oktober 2021: Pengumuman seleksi PPPK Guru screenshootBerita Populer Tren 8 Oktober 2021: Pengumuman seleksi PPPK Guru

KOMPAS.com - Mencetak dokumen kependudukan seperti kartu keluarga (KK), akta lahir, dan akta kematian bisa dilakukan sendiri di rumah.

Pihak Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) mengatakan, program ini dilakukan bagi warga yang kehilangan dokumen kependudukan tersebut.

Selain berita tersebut, ada sejumlah berita lain yang banyak mendapakan atensi pembaca.

Selengkapnya, berikut daftar berita Populer Tren sepanjang Kamis (7/10/2021) hingga Sabtu (8/10/2021).

1. Cara cetak KK sendiri di rumah

Beberapa dokumen kependudukan seperti akta kelahiran, kartu keluarga, akta kematian, dan lainnya saat ini sudah bisa dicetak sendiri.

Dokumen tersebut dapat dicetak menggunakan kertas putih polos jenis HVS A4 80 gram dari mesin printer di rumah atau tempat lainnya.

Sehingga apabila dokumen tersebut hilang, Anda tidak perlu repot-repot lagi mendatangi kantor dukcapil terdekat hanya untuk mengurus semua dokumen kependudukan tersebut.

Meski hanya dicetak di selembar kertas dan tidak seperti sebelumnya yang menggunakan jenis kertas security printing berhologram antipemalsuan, dokumen itu tetap memiliki kekuatan hukum.

Bagaimana proses lengkapnya, silakan disimak di sini:

Cetak Kartu Keluarga dan Dokumen Kependudukan Sendiri, Ini Caranya!

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.