Kompas.com - 07/10/2021, 20:00 WIB

KOMPAS.com - Memiliki dan merawat hewan peliharaan bukan hanya hobi masyarakat modern saja.

Memiliki hewan kesayangan ternyata sudah dilakukan semenjak ribuan tahun yang lalu, sejak era Mesir Kuno.

Bangsa Mesir Kuno menganggap hewan peliharaan mereka adalah makhluk titipan dewa-dewa sehingga mereka merasa berkewajiban merawatnya hingga kematian datang menjemput.

Ketika hewan peliharaan mereka mati, hewan-hewan tersebut akan dimumikan layaknya jasad manusia. Hal ini agar ketika di kehidupan setelah mati nanti, mereka bisa berkumpul lagi bersama hewan-hewan kesayangannya tersebut.

Baca juga: 8 Penyakit Hewan Peliharaan yang Bisa Menular ke Tubuh Kita

Macam-macam hewan peliharaan bangsa Mesir Kuno

Lantas apa saja binatang yang biasa dipelihara oleh bangsa Mesir Kuno?

1. Anjing

Dilansir dari World History, anjing dipelihara oleh masyarakat Mesir Kuno dengan berbagai macam tujuan. Dipelihara sebagai teman berburu dan sebagai penjaga rumah-rumah.

Anjing ras basenji disebut sebagai anjing ras tertua yang sudah ada di masa kejayaan Mesir Kuno.Unsplash/Marius Cern Anjing ras basenji disebut sebagai anjing ras tertua yang sudah ada di masa kejayaan Mesir Kuno.
Ras anjing yang disinyalir sudah ada sejak Mesir Kuno adalah basenji, greyhound, ibizan, pharaoh, saluki dan whippet.

Kalung anjing atau dog collar pertama di dunia diperkirakan lahir di Mesopotamia. Tergambar di peninggalan pra sejarah pada lukisan di dalam dinding gua dari masa 3500 SM. 

Di lukisan tersebut digambarkan ada seorang laki-laki yang menuntun anjing menggunakan tali kekang yang tersambung pada dog collar.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.