6 Kesalahan dalam Menggunakan Kulkas yang Membuat Anda Boros Duit

Kompas.com - 07/10/2021, 12:30 WIB
Ada beberapa kebiasaan buruk dalam menggunakan kulkas yang bisa membuat kulkas mudah rusak. Pixabay/Alexas PhotoAda beberapa kebiasaan buruk dalam menggunakan kulkas yang bisa membuat kulkas mudah rusak.

KOMPAS.com - Kulkas atau lemari pendingin bisa hemat atau boros listrik tergantung dari cara Anda memperlakukan atau menggunakannya.

Komponen dalam mesin kulkas juga bisa cepat rusak jika Anda tak cermat dalam menggunakan juga merawatnya.

Beberapa kebiasaan sehari-hari dalam menyimpan makanan atau membuka tutup kulkas, bisa membuat kulkas boros daya listrik atau berisiko mudah rusak.

Selain itu, pengaturan suhu yang kurang pas juga bisa membuat bahan makanan yang tersimpan di dalamnya mudah berubah tekstur. Tentu saja, ini juga salah satu faktor yang bisa membuat Anda mengeluarkan dana ekstra.

Nah, agar Anda bisa hemat uang, hindari beberapa kesalahan dalam memperlakukan dan menggunakan kulkas berikut ini:

Baca juga: Agar Tetap Higienis, Ini Cara Membersihkan Kulkas dari Semut

1. Over kapasitas

Ilustrasi isi kulkas.FREEPIK Ilustrasi isi kulkas.
Menjejalkan banyak bahan pangan ke dalam kulkas bisa membuat kulkas over kapasitas. Hal ini bisa membuat aliran udara di dalam kulkas tak lancar mengalir.

Dilansir dari The Kitchn, hal ini akan membuat komponen kulkas bekerja ekstra kuat untuk mendinginkan seluruh kabin kulkas. 

Terlebih ketika pintu kulkas dibuka, pekerjaan mendinginkan kabin kulkas ini akan bertambah jauh lebih berat. Imbasnya, komponan kulkas akan mudah rusak dan Anda pun boros daya listrik.

2. Minim kapasitas

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.