Kompas.com - 05/10/2021, 13:55 WIB
Seorang anak menonton televisi siaran perdana 'Belajar dari Rumah' tingkat PAUD yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di Kota Kediri, Jawa Timur, Senin (13/4/2020). Kemendikbud menyiapkan 720 episode untuk penayangan Belajar dari Rumah selama 90 hari di TVRI bagi pelajar tingkat PAUD hingga SMA. ANTARA FOTO/PRASETIA FAUZANISeorang anak menonton televisi siaran perdana 'Belajar dari Rumah' tingkat PAUD yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di Kota Kediri, Jawa Timur, Senin (13/4/2020). Kemendikbud menyiapkan 720 episode untuk penayangan Belajar dari Rumah selama 90 hari di TVRI bagi pelajar tingkat PAUD hingga SMA.

KOMPAS.com – Informasi yang menyebutkan bahwa anak wajib masuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebelum menempuh sekolah dasar (SD), viral di media sosial TikTok.  

Informasi tersebut dibagikan oleh seorang pengguna TikTok @wksningsih.

“KENAPA ADA PERATURAN WAJIB PAUD MIN. 1 TAHUN SEBELUM SD?” tulis akun tersebut.

“Karena NISN akan diinput dari PAUD. NISN penting untuk masuk SD-KULIAH!!! Yuk sekolahkan anak di PAUD. PAUD itu ada KB-TPA-SPS-TK C RA,” demikian informasi yang ia sematkan.

Hingga Selasa (5/10/2021) siang, unggahan tersebut disukai lebih dari 7.400 pengguna, dibagikan lebih dari 1.000 kali dan mendapatkan lebih dari 930 komentar.

Baca juga: Unggahan Viral, Perempuan Kena Abu Rokok Pengguna Jalan, Pelanggar Bisa Didenda Rp 750.000

@wksningsih_

gimana? #viral #fypage #fyp? #fyp #foryou #KiehlsCalendulaGlow

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

? Low - ????m_a_r_i_a????

Benarkah ada peraturan yang mewajibkan masuk PAUD minimal 1 tahun sebelum SD?

Saat dikonfirmasi, Direktur Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi (Kemendikbudristek) Muhammad Hasbi mengatakan, PAUD belum menjadi jenjang pendidikan yang wajib diikuti sebelum masuk sekolah dasar (SD)

Ia menyebutkan, berdasarkan UUD 1945, layanan pendidikan yang wajib saat ini adalah jenjang pendidikan dasar yakni SD dan sekolah menengah pertama (SMP).

“PAUD belum menjadi jenjang pendidikan yang wajib sebelum masuk SD,” ujar Hasbi saat dihubungi Kompas.com, Selasa (5/10/2021).

Hasbi menjelaskan, PAUD terdiri atas:

  • Jalur formal dalam bentuk TK/RA/BA
  • Jalur nonformal: KB/TPA/SPS

Baca juga: Viral, Video Motor Tertabrak Kereta di Malang karena Parkir Sembarangan

Manfaat masuk PAUD

Meski demikian, kata Hasbi, berbagai riset global menemukan manfaat masuk PAUD sebelum menempuh SD.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.