[HOAKS] Minum Air Es, Air Soda, Makan Mentimun, dan Keramas Saat Haid Bisa Picu Kanker Rahim

Kompas.com - 04/10/2021, 19:05 WIB
Ilustrasi Hoaks KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoIlustrasi Hoaks
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Beredar informasi di media sosial Facebook yang menyebutkan bahwa minum air es, air soda, mentimun, dan melakukan keramas saat haid bisa memicu kanker rahim.

Informasi itu mengeklaim bahwa jika hal-hal di atas dilakukan secara terus-menerus, dapat memicu kista dan kanker rahim setelah 5-10 tahun.

Berdasarkan konfirmasi Tim Cek Fakta Kompas.com, informasi tersebut tidak benar alias hoaks. Informasi tersebut juga merupakan hoaks yang berulang yang telah beredar sekitar 3 tahun lalu.

Narasi yang beredar

Informasi yang menyebutkan bahwa minum air es, air soda, mentimun, dan keramas saat haid bisa memicu kanker rahim dibagikan oleh akun Facebook ini, ini, ini, dan ini.

Berikut narasi selengkapnya:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"ASAL USUL KANKER Di RAHIM !!!
Sharing untuk para wanita
1. "Jangan Minum air Es,air soda,dan kelapa Saat Haid"
2. "Jangan keramas karena pori kepala sedang terbuka pd saat haid krn bisa menyebabkan sakit kepala (kena angin kepala)" "sangat berbahaya efek ini bisa di rasakan saat muda dan saat tua"
3."Jangan makan mentimun saat sdng haid karena getah yg ada pada mentimun bs menyebabkan haid tersisa di dinding rahim."
4. "Selain itu saat sdng haid" "Tubuh tdk boleh terbentur, terjatuh dan terpukul oleh benda keras terutama bagian perut karena bisa menyebabkan muntah darah, rahim bisa terluka"
.
Riset membuktikan, minum es saat haid bisa menyebabkan darah haid tersisa di dinding rahim, setelah 5-10 thn dapat menyebabkan "KISTA & KANKER RAHIM". Tolong info ini disebarkan ke banyak wanita baik ibu, istri, anak putri kita, maupun teman wanita, ini. menunjukkan bahwa kita peduli sama mereka,Sayangi wanitamu. Indahnya Berbagi...Jgn putus dikamu ya..
semoga bermanfaat bagi para wanita.
.
SUMBER: LPKI
(LEMBAGA PENYULUHAN KANKER INDONESIA)"

Tangkapan layar hoaks hal-hal yang menyebabkan kanker rahim Screenshot Tangkapan layar hoaks hal-hal yang menyebabkan kanker rahim

Konfirmasi Kompas.com

Informasi yang menyebutkan bahwa minum air es, air soda, mentimun, dan melakukan keramas saat haid bisa memicu kanker rahim merupakan hoaks berulang yang sudah dibantah.

Spesialis Obstetri dan Ginekologi dr Harry Parathon, SpOG membantah bahwa minum air es, air soda, mentimun, dan keramas saat haid tidak menyebabkan kanker rahim.

"Itu rumor yang sering terdengar. Semua tidak ada hubungannya," kata Harry seperti diberitakan Kompas.com, 23 Oktober 2020.

Harry menjelaskan, kanker terdiri dari rahim dan mulut rahim. Kanker mulut rahim atau serviks disebabkan oleh virus, yakni human papillomavirus (HPV).

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.