Kompas.com - 03/10/2021, 16:15 WIB
Beberapa tanaman hias gagal berbunga karena faktor usia tanaman, suhu ekstrem, juga kurangnya cahaya matahari. Unsplash/Joel StahlinBeberapa tanaman hias gagal berbunga karena faktor usia tanaman, suhu ekstrem, juga kurangnya cahaya matahari.

KOMPAS.com - Tanaman hias ditanam karena bisa memperindah rumah entah dengan hijau daunnya atau dengan bunga warna-warninya yang merekah wangi.

Namun sayang, beberapa tanaman hias yang ditanam karena dinanti bunganya, bisa terus hidup tapi tak mengeluarkan sekuntum bunga sama sekali.

Tanaman yang menolak berbunga ini tentu saja memiliki berbagai macam masalah yang melatarbelakanginya.

Bisa karena media tanam yang kurang bagus, usia tanaman yang memang tak lagi bisa memproduksi bunga atau malah terlalu muda untuk memproduksi bunga, dan masih banyak lagi.

Jika Anda sudah menemukan penyebabnya, barulah Anda bisa mencari solusinya.

Baca juga: Pestisida Alami untuk Membasmi Hama Semut Tanaman Indoor

Penyebab tanaman tak berbunga

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan tanaman hias tak berbunga. Dilansir dari Gardening Know How, berikut ini beberapa faktor penyebabnya: 

1. Usia tanaman

Tanaman baru akan mengeluarkan kuncup bunga jika usianya sudah dewasa. Jadi ada batas usia tertentu bagi tanaman untuk mulai memproduksi kuncup-kuncup bunga.

Jadi ketika tanaman hias Anda belum terlihat mengeluarkan kuncup bunga, jangan khawatir, bisa jadi tanaman memang masih berusia terlalu muda.

Rata-rata, tanaman akan mengeluarkan kuncup bunga jika sudah menginjak usia dua hingga tiga tahun.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.