Kompas.com - 02/10/2021, 16:00 WIB
Untuk semut yang menyerbu tanaman indoor, basmi saja dengan pestisida alami dari bahan-bahan dapur yang aman. Unsplash/Photologic 288pUntuk semut yang menyerbu tanaman indoor, basmi saja dengan pestisida alami dari bahan-bahan dapur yang aman.

KOMPAS.com - Hama semut bisa menyerbu tanaman di rumah Anda, baik tanaman yang ditanam di pekarangan atau yang ditanam di pot dan diletakkan di dalam rumah.

Hama semut bisa datang mengikuti jejak dari kotoran dari kutu daun atau hama tanaman lainnya yang meninggalkan senyawa bercita rasa manis.

Ketika semut menemukan sumber makanannya ini, maka kawanan semut pekerja lain akan langsung datang ikut menyerbu dan menganggu pertumbuhan tanaman.

Selain menganggu tumbuh kembang tanaman hias yang ada, hama semut juga bisa mengotori rumah. Kawanan semut dari tanaman bisa menyerbut bagian di dalam rumah lainnya, seperti kabinet dapur atau meja makan.

Untuk membasmi hama semut yang ada di dalam tanaman indoor ini Anda harus berhati-hati. Hendaknya gunakan pestisida alami yang lebih aman, karena tanaman ada di dalam ruang-ruang rumah.

Menghimpun data dari Indian Express,  berikut ini pestisida alami yang bisa Anda racik untuk digunakan membasmi hama semut di tanaman indoor Anda:

Baca juga: Ciri-ciri Tanaman yang Diserang Hama Ulat

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Kulit lemon atau jeruk

Ilustrasi lemon. UNSPLASH/EGGBANK Ilustrasi lemon.
Semut tak menyukai wangi lemon dan jeruk. Jadi ketika tanaman hias Anda diserbu hama semut, basmi segera dengan menggunakan kulit lemon atau sari lemon.

Anda bisa meletakkan kulit jeruk di sekitar tanaman, di atas media tanam tanaman. Atau memasukkan perasan lemon ke dalam mangkuk dan memercikkannya ke daun dan batang tanaman yang diserbu semut.

2. Rebusan lemon

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.