Kompas.com - 01/10/2021, 10:30 WIB
Kopi bisa menyehatkan usia 50 tahun ke atas, namun pengonsumsiannya harus dengan cara yang tepat. Unsplash/Soragrit WongsaKopi bisa menyehatkan usia 50 tahun ke atas, namun pengonsumsiannya harus dengan cara yang tepat.

KOMPAS.com - Kopi apakah baik dikonsumsi oleh usia 50 tahun ke atas? Meski ada pro kontra, namun berbagai studi membuktikan bahwa ada beberapa manfaat kesehatan dari kopi yang bisa diperoleh oleh mereka yang sudah berusia 50 tahun ke atas.

Dr. Adela Navarro, spesialis kardiologi Hospital de Navara, Spanyol, mengatakan bahwa kopi memiliki senyawa yang melindungi sel-sel tubuh orang berusia 50 tahun ke atas. 

Hal ini seperti dilansir dari Time, bahwa secangkir kopi setiap hari bisa dimasukkan ke dalam menu diet sehat ala usia 50 tahun. 

Kopi dikatakan bisa menurunkan risiko kematian di usia muda. Hal ini lantaran selain mengandung kafein, kopi juga membawa senyawa bioaktif yang bisa melawan peradangan, gangguan kesehatan yang paling sering menganggu usia tua.

Baca juga: Mana yang Lebih Sehat, Kopi Panas atau Kopi Dingin?

Manfaat kopi untuk usia 50 tahun

Kopi bisa menyehatkan usia 50 tahun ke atas, meminimalkan risiko terkena diabates tipe 2 dan demensia.Unsplash/Snapbythree Kopi bisa menyehatkan usia 50 tahun ke atas, meminimalkan risiko terkena diabates tipe 2 dan demensia.
Sama seperti efek kopi di usia produktif, meminum kopi di pagi hari bisa mendongkrak mood dan meningkatkan fokus bagi mereka yang sudah berusia 50 tahun ke atas.

Selain itu, masih ada beberapa manfaat kesehatan lagi yang dibawa oleh secangkir kopi. Yaitu kopi bisa meningkatkan fungsi kognitif juga menurunkan risiko terkena penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, parkinson, depresi, juga penyakit hati.

Menghimpun data dari Visitingangels, meminum 3 cangkir kopi sehari tanpa gula dan krimer bisa mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 hingga 25 persen.

Sedangkan menurut American Parkinson Disease Association, kafein dan Eiconsanoyl-5-hydroxtrypatmide di dalam kopi bisa efektif menjaga perubahaan biokimia tubuh yang bisa mengarah ke gangguan parkinson.

Manfaat lain dari kopi juga diutarakan oleh Cardiovascular Risk Factor, Aging and Dementia Study, yang memaparkan bahwa rutin mengonsumsi kopi bisa membuat usia 50 tahun memiliki risiko kecil terkena demensia dan alzheimer.

Baca juga: Gejala Katarak yang Mulai Muncul di Usia 40 Tahun

Tips sehat menyesap kopi untuk usia 50 tahun

Meski memiliki banyak manfaat, tapi Anda yang sudah berusia 50 tahun ke atas harus berhati-hati ketika mengonsumsi kopi.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.