Kompas.com - 29/09/2021, 07:30 WIB
Ilustrasi jahe. Dok. Shutterstock/ pilipphotoIlustrasi jahe.

KOMPAS.com - Cara menanam jahe di rumah dari mulai bibit hingga dapat dipanen, tidak terlalu sulit apabila mengetahui tahapannya. 

Jahe menjadi salah satu tanaman yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, sebagai bahan minuman, bumbu masak, dan obat-obatan tradisional.

Tanaman rimpang ini sangat mudah ditanam dan dibudidayakan. Namun, untuk mendapatkan hasil jahe yang berkualitas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menanamnya.

Baca juga: Cara Menanam Cabai yang Benar agar Cepat Berbuah

Cara menanam jahe

Melansir situs Dinas Pertanian Jawa Barat, menanam jahe dimulai dengan memilih rimpang yang disiapkan untuk ditanam kembali.

1. Memilih bibit

Ilustrasi menanam jahe dalam pot. SHUTTERSTOCK/JAK149 Ilustrasi menanam jahe dalam pot.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pilih bibit berkualitas, yang diambil dari tanaman tua dan berumur sekitar 10 bulan.

Pastikan pohon induk bibit sehat dan tidak terserang hama penyakit, sehingga kualitas rimpang yang digunakan pun tidak sakit.

Sebaiknya, gunakan bibit yang diambil dari kebun, bukan dari pasar dan pilih bibit yang mempunyai tampilan fisik bagus dan tidak ada cacat luka ataupun lecet.

2. Pengolahan media tanam

Pegiat urban farming atau pertanian perkotaan membersihkan dan memanen sayuran dengan sistem hidroponik yang ditanam di lahan terbuka tepat di atas Masjid Jami Baitussalam, Jalan Kesejahteraan RW 08, Taman Sari, Jakarta Barat, Kamis (18/3/2021). Sayur-mayur tersebut dirawat oleh pengurus masjid. Adapun tanaman yang ditanam berupa cabai, kangkung, jahe merah dan daun mint. Selain itu, terdapat juga budi daya ikan nila yang dikelola oleh masjid tersebut.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pegiat urban farming atau pertanian perkotaan membersihkan dan memanen sayuran dengan sistem hidroponik yang ditanam di lahan terbuka tepat di atas Masjid Jami Baitussalam, Jalan Kesejahteraan RW 08, Taman Sari, Jakarta Barat, Kamis (18/3/2021). Sayur-mayur tersebut dirawat oleh pengurus masjid. Adapun tanaman yang ditanam berupa cabai, kangkung, jahe merah dan daun mint. Selain itu, terdapat juga budi daya ikan nila yang dikelola oleh masjid tersebut.

Melansir Kompas.com, 4 Mei 2021, perlu untuk menyesuaikan keasaman tanah dengan keasaman media tanam jahe.

Pengolahan media tanam untuk jahe diawali dengan menyiapkan sedalam sekitar 30 cm agar mendapatkan tanah yang gembur dan bersih.

Biarkan tanah hingga 2-4 minggu agar gas-gas beracun menguap dari tanah dan menghilangkan bibit penyakit.

Apabila lahan menanam jahe mempunyai kondisi air tanah jelek, cegah genangan air dengan membuat bedengan setinggi 20-30 cm dan lebar 80-100 cm.

Sediakan lubang-lubang kecil atau alur dengan kedalaman 3-7,5 cm untuk menanam bibit jahe.

Cara menanam jahe dilakukan dengan melekatkan bibit rimpang secara rebah ke dalam lubang tanam atau alur yang sudah disiapkan.

Baca juga: 7 Khasiat Jahe Merah untuk Kesehatan

Media tanam Polybag

Untuk media tanamnya sendiri sebaiknya media tanam yang gembur, dengan perbandingan tanah 40 persen, pupuk kandang 30 persen dan sekam 30 persen. 

Apabila tidak ada sekam, maka bisa menggantinya dengan pasir biasa asalkan media tanamnya gembur. 

Pada polybag yang sudah berisi campuran tanah, pupuk kandang dan sekam atau pasir,, buatlah lubang di tengahnya dengan ukuran sebesar bibit jahe.

Kemudian padatkan kembali media tanam untuk menopang tanaman jahe yang sudah tumbuh. Lakukan proses penumbuhan selama 6 bulan.

Sampai di usia 6 bulan nanti, tanaman jahe sudah berkembang biak melalui tunas-tunas rimpangnya, mengembangkan dirinya hingga penuh 1 polybag.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.