Greg Teguh Santoso
Versatilist dan Auditor Sistem Manajemen

Versatilist dan pengajar sistem manajemen. Seorang versatilist yang gemar bertualang di dunia maya dan berkolaborasi di dunia nyata, membaca, mengajar, dan menulis. Mari mampir, tegur-sapa di versatilistmilenial2020@gmail.com.

Error 404 – Trust Not Found

Kompas.com - 28/09/2021, 21:45 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

JUDUL ini bukan berakar dari ramainya pemberangusan mural beberapa waktu lalu, tetapi penulis kutip dari suatu laporan ilmiah oleh Munich Security Brief dalam tema besar tentang A European Survey on Digital (Dis)trust.  Amat menarik!

Kajian ini dipublikasikan di triwulan pertama 2021 dengan mengungkap fakta makin meruyaknya ketidak-percayaan digital (digital distrust) di antara sesama negara Eropa dan makin tajamnya ketidak-percayaan digital tersebut antara negara-negara Eropa versus Amerika.

Hal ini tak berlebihan bila disebut sebagai suatu ironi, mengingat di dunia nyata negara-negara Eropa dan Amerika telah lama dipahami sebagai suatu sekutu erat nan mesra (kendati baru-baru ini diletupkan insiden gagalnya kontrak pembelian kapal selam Perancis oleh Australia dan diikuti penarikan duta besar Perancis dari Amerika Serikat).

Dalam istilah sederhana, kepercayaan digital didefinisikan sebagai kepercayaan yang dimiliki seseorang terkait kemampuan (dan kemauan) organisasi/lembaga untuk menjaga keamanan data digital mereka dan menanganinya dengan integritas serta akuntabilitas yang memadai dan konsisten.

Justru pada titik inilah, konsistensi adalah kata kunci yang terasa amat langka di negeri ini, sekali gemebyar seremoni, semangat membara di awal-awal selebrasi untuk kemudian perlahan meredup seiring laju sang waktu.

Padahal, kebutuhan akan konsistensi transparansi dapat membuktikan keamanan, keandalan, dan integritas dalam dunia yang sangat terhubung, adalah nyata dan penting serta tak menolerir kelengahan sedetikpun.

Dalam realitas keseharian, kepercayaan (trust) adalah segalanya dalam membina dan menjaga relasi antar individu beserta segenap kohesinya dalam suatu tatanan sosial masyarakat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sudah dimahfumi bahwa menyalahgunakan, menghilangkan, atau mengeksploitasi kepercayaan bakal memberangus serta melenyapkan tidak saja kepercayaan pihak lain kepada kita, bahkan berpotensi besar menipiskan tingkat keberhasilan kita dalam usaha dan upaya lainnya.

Lenyapnya trust bakal mengoyak reputasi kita dan membiakkan saling-curiga secara cepat dan eksponensial.

Demikian pula di dunia maya, di jagad virtual, apapun kanalnya, apapun modusnya, walau tak pernah bersua secara fisik atau nyata, kepercayaan pasti runtuh dan distrust tumbuh dengan pesat tatkala kita tidak mampu menjaga kepercayaan yang telah diberikan oleh pengguna (users).

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.