Kompas.com - 28/09/2021, 13:30 WIB
Ilustrasi penanganan pasien positif Covid-19 KOMPAS.COM/SHUTTERSTOCKIlustrasi penanganan pasien positif Covid-19

KOMPAS.com - Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI) mengatakan, sebanyak 16,3 persen pasien Covid-19 di Indonesia memiliki komorbid jantung atau kardiovaskular.

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Minggu (26/9/2021), total orang yang terjangkit Covid-19 di Indonesia mencapai 4.208.013 orang.

Ketua Umum Penguurus Pusat PERKI, Isman Firdaus menyampaikan, dari total kasus Covid-19 di Indonesia, sebanyak 16,3 persen memiliki komorbid jantung atau kardiovaskular.

"Laporan di rumah sakit bahwa 16,3 persen ternyata di ruang isolasi mempunyai komorbid penyakit kardiovaskular," kata Isman, saat siaran pers Hari Jantung Sedunia di YouTube Kemenkes, Senin (27/9/2021).

Baca juga: Daftar 11 Aplikasi yang Bisa Akses PeduliLindungi Mulai Oktober

Covid-19 dan penyakit jantung

Isman mengatakan, orang yang memiliki penyakit jantung atau kardiovaskular memiliki risiko perburukan penyakit yang lebih besar, bahkan bisa menyebabkan kematian.

"Jadi pasien jantung yang terpapar Covid-19 akan mengalami perburukan yang serius dari penyakit kardiovaskular dan juga akan menyebabkan kematian," terang dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun selama pandemi Covid-19, angka kematian akibat serangan jantung di Indonesia turut meningkat.

"Biasanya kalau serangan jantung itu angka kematiannya 8 persen rata-rata di Indonesia. Namun pada situasi Covid-19 angka kematian ini meningkat 22-23 persen," papar Isman.

Berdasarkan data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018, prevalensi penyakit kardiovaskular di Indonesia bisa mencapai 15 per 1.000 penduduk, atau ada sekitar 4,2 juta orang menderita penyakit kardiovaskular.

Sementara itu, Institute for Health Metrics and Evaluation (IHME) melaporkan 14,4 persen kematian di Indonesia disebabkan oleh penyakit jantung koroner.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.