Makanan dan Minuman yang Bisa Membuat Rambut Makin Rontok

Kompas.com - 27/09/2021, 13:30 WIB
Rambut rontok bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya beberapa bahan makanan yang mampu merusak folikel rambut. Unsplash/ScandinavianRambut rontok bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya beberapa bahan makanan yang mampu merusak folikel rambut.

KOMPAS.com - Rambut rontok bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari faktor usia, faktor gangguan pada kulit kepala, pemakaian produk yang salah, hingga stres yang menganggu keseimbangan hormon.

Kondisi rambut memang ditentukan oleh banyak hal. Baik produk kecantikan atau perawatan rambut yang digunakan, maupun kondisi tubuh si pemilik rambut itu sendiri.

Ketika tubuh ternutrisi dengan baik, maka dari ujung kuku hingga ujung rambut pun akan terjaga kondisi kesehatannya dengan maksimal.

Sebaliknya, ketika nutrisi tubuh tak lengkap, maka kondisi rambut juga akan kusam dan jauh dari sehat.

Jadi ketika Anda mengalami kerontokan rambut, evaluasi lagi pola makan Anda. Bisa jadi ada nutrisi yang kurang tercapai tubuh, atau malah Anda mengonsumsi terlalu banyak makanan yang bisa menjadi faktor kerontokan rambut.

Menghimpun data dari food.ndtv.com, ada beberapa jenis makanan yang bisa menjadi penyumbang kerontokan rambut.

Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 9 Tips Mengatasi Rambut Rontok dengan Bahan Alami

1. Gula

Sebuah studi membuktikan, resistensi insulin yang bisa memicu diabetes dan obesitas, juga bisa memicu kerontokan rambut hingga kebotakan kepala pada pria dan wanita.

Dan yang membuat resistensi insulin, adalah pola makan kebanyakan zat gula dan kebanyakan mengonsumsi karbohidrat yang memiliki struktur glukosa tunggal atau refined carbohydrates.  

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.