Jaya Suprana
Pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan

Penulis adalah pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan.

Tragedi Operasi Katarak Mata Kiri Ayah

Kompas.com - 27/09/2021, 13:04 WIB
Ilustrasi mata. SHUTTERSTOCKIlustrasi mata.

SEMULA saya cukup arogan untuk meyakini bahwa di alam semesta ini ada yang disebut sebagai kepastian.

Berdasar arogansi itu, saya sangat amat percaya kepada perhitungan matematikal dalam bentuk statistik dan teori probabilitas.

Kepercayaan saya sedemikian percaya sehingga saya merasa yakin bahwa tidak ada yang terjadi secara kebetulan di kehidupan di planet bumi.

Semua peristiwa pasti bisa dijelaskan berdasar perhitungan oleh otak manusia melalui jalur apa yang disebut sebagai sains secara pasti tepat dan benar.

Tidak ada misteri, tidak ada keajaiban apalagi mujizat di kehidupan umat manusia di planet bumi ini.

Katarak

Ketika mata kiri ayah saya terlapisi sebuah selaput yang disebut sebagai katarak yang mengganggu penglihatannya, maka saya jemawa menyatakan siap menolong ayah saya melepaskan diri dari derita katarak.

Karena kebetulan saya ketua umum yayasan sebuah rumah sakit terbaik di Jawa Tengah maka saya minta dicarikan dokter spesialis mata terbaik yang sudah terbukti berhasil melakukan operasi katarak secara paling sukses.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sempurna

Akhirnya direksi rumah sakit yang yayasannya saya pimpin berhasil menemukan seorang dokter spesialis mata bahkan bergelar doktor dan profesor yang secara statistik telah terbukti berhasil melakukan operasi katarak terhadap ribuan pasien tanpa kegagalan satu operasi pun.

Berarti sang profesor doktor dokter spesialis operasi katarak berdasar teori probabilitas memiliki kemungkinan ribuan berbanding nol untuk berhasil alias terjamin mustahil gagal.

Di sisi lain keyakinan saya tersihir sedemikian rupa oleh citra keilmiahan statistik sehingga saya lupa bahwa baik statistik mau pun teori probabilitas pada hakikatnya mustahil sempurna akibat merupakan hasil olahan otak manusia yang mustahil sempurna.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.