Kompas.com - 27/09/2021, 07:56 WIB
Tangkapan layar informasi yang menyebut komedian Tukul Arwana meninggal dunia akibat pendarahan  otak. FacebookTangkapan layar informasi yang menyebut komedian Tukul Arwana meninggal dunia akibat pendarahan otak.
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Di media sosial, banyak akun yang membagikan artikel sejumlah website dengan judul berita komedian Tukul Arwana meninggal dunia akibat pendarahan otak.

Informasi ini juga dilengkapi dengan foto Tukul Arwana dan foto suasana berduka.

Ketika ditelusuri isi beritanya, konten seperti ini menjadi disinformasi karena berpotensi menyesatkan. Tak ada korelasi antara judul dan isi artikel yang menyebutkan Tukul meninggal dunia.

Manajemen Tukul Arwana juga membantah dan menyatakan informasi itu tidak benar. Tukul masih menjalani perawatan di rumah sakit karena penyakit yang dideritanya dan kondisinya sudah berangsur membaik. 

Narasi yang beredar

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, kabar meninggalnya Tukul Arwana salah satunya oleh akun Facebook ini.

Ia membagikan link sebuah situs dengan judul "Innalillahi...Tukul Arwana Dikabarkan Meninggal Dunia akibat Pendarahan Otak, Benarkah?".

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tangkapan layar  informasi yang menyebut komedian Tukul Arwana meninggal dunia akibat pendarahan  otak.Facebook Tangkapan layar informasi yang menyebut komedian Tukul Arwana meninggal dunia akibat pendarahan otak.

Foto yang digunakan pada artikel itu terdapat teks dengan tulisan, "Innalilahi wa ina illahi rojiun Breaking News Tukul Arwana, Kabar duka kembali menghampiri dunia hiburan Tanah Air Tangis Anaknya Tak Terbendung".

Sejumlah akun lain juga membagikan informasi yang sama di berbagai grup, di antaranya ini ini dan ini.

Konfirmasi Kompas.com

Diberitakan Kompas.comMinggu (26/9/2021), Manajer Tukul Arwana, Rizky Kimon menegaskan bahwa kabar meninggalnya Tukul Arwana adalah hoaks.

"Jadi saya mau klarifikasi berita yang Mas Tukul, maaf ya, meninggal, itu benar-benar hoaks karena memang beliau masih ini, masih ada. Beliau masih hidup maksudnya," ujar Kimon, dikutip Kompas.com dari kanal YouTube Intens Investigasi, Minggu (26/9/2021).

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.