Kompas.com - 25/09/2021, 22:45 WIB
Ilustrasi ikan cupang. UNSPLASH/WORACHAT SODSRIIlustrasi ikan cupang.

KOMPAS.com - Pecinta ikan hias tentu tidak asing dengan ikan cupang atau betta. Itu karena ikan cupang termasuk salah satu jenis ikan hias yang sangat populer.

Ikan cupang memiliki daya tarik dari warnanya yang cerah, kepribadiannya yang penuh semangat, dan cara perawatannya yang cukup mudah.

Termasuk cara merawat ikan cupang agar cepat besar. Supaya ikan cupang bisa tumbuh dengan baik dan mencapai ukuran tubuh maksimum, ada beberapa faktor yang memengaruhinya, mulai dari kondisi air hingga makanannya.

Baca juga: Cara Merawat Ikan Cupang agar Cepat Besar

Panjang pertumbuhan ikan cupang sendiri rata-rata adalah 2,25 inci. Meski begitu,
Adapun panjang pertumbuhan rata-rata untuk ikan cupang adalah 2,25 inci.

Akan tetapi, dengan memanipulasi lingkungan memungkinkan ikan cupang mencapai ukuran maksimumnya.

Seperti diberitakan Kompas.com (2/9/2021), ada sejumlah tips merawat ikan cupang agar cepat besar yang bisa Anda ikuti, yakni sebagai berikut:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Perhatikan ukuran akuarium ikan cupang

Tips pertama adalah tentang akuarium ikan cupang. Cobalah tempatkan ikan cupang pada akuarium dengan ukuran minimal 18 liter.

Memang jika melihat di toko-toko hewan peliharaan, ikan cupang sering ditempatkan dalam wadah kecil untuk menghemat ruang. Hal itu karena ikan cupang tidak dapat ditempatkan bersama dalam satu wadah, karena agresi terhadap satu sama lain.

Baca juga: 10 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Akuarium Ikan Cupang

2. Ganti air di akuarium ikan cupang

Tips yang kedua adalah mengganti air pada akuarium tempat ikan cupang milik Anda.
Ganti 50 persen air setiap hari jika Anda menginginkan ikan cupang memiliki tubuh yang lebih besar. Ikan cupang mengeluarkan hormon yang menghambat pertumbuhannya.

Dengan demikian, pembuangan sebagian besar air ini sangat penting untuk pertumbuhan maksimum, menurut laman Betty Splendens. Isi ulang akuarium dengan air bersih.

Ilustrasi : ikan cupang dalam betta kontes di Nunukan Kaltara. ikan cupang menjelma hobi dan diperlombakan di tengah pandemiDok.Ayyub Ilustrasi : ikan cupang dalam betta kontes di Nunukan Kaltara. ikan cupang menjelma hobi dan diperlombakan di tengah pandemi

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.