Kompas.com - 25/09/2021, 21:18 WIB
Ilustrasi telur PIXABAY/TOOKAPICIlustrasi telur
Penulis Farid Assifa
|

KOMPAS.com - Harga telur ayam hari ini bisa Anda cek di website resmi Perhimpunan Perunggasan Rakyat Indonesia, pinsarindonesia.com.

Sebelumnya, harga telur anjlok akhir-akhir ini. Pada Agustus 2021 lalu, harga telur berkisar antara Rp 19.000 hingga Rp 25.000 per kilogram tergantung daerah masing-masing.

Namun memasuki September hingga hari ini, harganya anjlok.

Berdasarkan data dari Perhimpunan Perunggasan Rakyat (Pinsar) Indonesia, harga telur di Jabodetabek, Jawa Barat dan Banten rata-rata Rp 14.000 per kilogram.

Baca juga: Harga Telur Ayam di Jakarta, Terendah Rp 19.000 Per Kilogram

Sementara di Jawa Tengah dan DIY, harga telur berkisar antara Rp 14.000 hingga Rp 17.000 per kilogram. Begitu juga di Jawa Timur, Bali, dan Lombok, harga telur berkisar antara Rp 14.000 sampai Rp 15.000 per kilogram.  

Diketahui, Kementerian Pertanian RI berusaha melakukan stabilisasi harga telur dengan mengambil sejumlah langkah sepanjang 2021 ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satu upaya itu adalah menyerap telur di sentra-sentra produksi yang harganya saat ini jauh lebih rendah dibandingkan harga dalam Permendag Nomor 7 Tahun 2020.

Baru-baru ini, perusahaan BUMN Peternakan, Berdikari sudah menyerap 5 ton telur dari peternak ayam di Blitar.

Baca juga: Stabilkan Harga Telur Ayam yang Anjlok, Berdikari Serap Telur dari Peternak di Blitar

Total telur yang diserap perusahaan BUMN ini dari peternak di Indonesia adalah sebanyak 34 ton.

"Sebagai BUMN Peternakan yang merupakan bagian dari BUMN Klaster Pangan, kami memiliki kewajiban hadir di tengah masyarakat. Tidak hanya bagi konsumen umum, namun juga bagi peternak. Hal ini menjadi dasar kenapa Berdikari menyerap telur dari peternak unggas," kata Direktur Utama Berdikari Harry Warganegara dalam siaran pers yang dikutip Kompas.com, Kamis (23/9/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.