Kompas.com - 25/09/2021, 11:15 WIB
Beberapa bahan pangan alami bisa membuat overdosis jika dikonsumsi berlebihan. Unsplash/Jan LandauBeberapa bahan pangan alami bisa membuat overdosis jika dikonsumsi berlebihan.

KOMPAS.com - Bahan pangan yang berasal dari alam juga bisa membuat Anda overdosis dan menimbulkan efek yang kurang menyenangkan.

Overdosis tak hanya bisa terjadi di pengonsumsian obat-obatan saja. Senyawa dan properti di dalam bahan makanan, juga bisa memiliki efek layaknya komposisi obat-obatan. Di mana jika dikonsumsi berlebihan, bisa menimbulkan efek overdosis yang merepotkan.

Efek overdosis bisa beragam. Mulai dari yang ringan dan bisa hilang dengan sendirinya seiring sistem metabolisme tubuh, hingga efek yang berat dan butuh penanganan medis.

Dari berbagai sumber, berikut ini beberapa bahan pangan alami yang bisa menimbulkan efek overdosis jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan:

Baca juga: 5 Bahan Alami yang Bisa Memacu Produksi ASI

1. Wortel

Kebanyakan mengonsumsi wortel bisa menyebabkan carotenemia. Unsplash/Suresh Kebanyakan mengonsumsi wortel bisa menyebabkan carotenemia.
Wortel kaya akan beta carotene, yaitu senyawa organik yang membawa pigmen jingga merona. Beta carotene ini akan diubah tubuh menjadi vitamin A yang berguna menjaga sistem imun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dilansir dari Live Science, terlalu banyak mengonsumsi wortel tak akan membuat Anda overdosis vitamin A, karena tubuh hanya menyerap vitamin A secukupya saja dalam jumlah yang dibutuhkan tubuh.

Kelebihan beta carotene akan membuat carotenemia, yaitu darah mengandung terlalu banyak carotene dan membuat kulit menguning.

Carotenemia tak berbahaya, dan biasanya bisa sembuh dengan sendirinya asal kita mengurangi asupan wortel.

Baca juga: Mengenal Carotenemia, Efek Overdosis Wortel

2. Kopi

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.