Kompas.com - 25/09/2021, 08:40 WIB
Cristiano Ronaldo ketika merayakan golnya pada laga pertama Grup F Liga Champions yang mempertemukan Young Boys vs Man United di Wankdorf Stadium, Selasa (14/9/2021) malam WIB. AFP/ SEBASTIEN BOZONCristiano Ronaldo ketika merayakan golnya pada laga pertama Grup F Liga Champions yang mempertemukan Young Boys vs Man United di Wankdorf Stadium, Selasa (14/9/2021) malam WIB.

KOMPAS.com - Cristiano Ronaldo berhasil memuncaki daftar pesepak bola dengan pendapatan tertinggi di dunia. Daftar itu dirilis oleh Majalah bisnis dan finansial Amerika Serikat, Forbes.

Menurut Forbes, Ronaldo adalah pesepak bola dengan pendapatan tertinggi di dunia untuk musim 2021-2022.

Forbes memperkirakan pendapatan Ronaldo mencapai 91,5 juta pounds atau sekitar Rp 1,78 triliun! Angka ini tidak lepas dari kepindahan Ronaldo ke Manchester United di awal musim ini.

Baca juga: Pulang ke Man United, Ronaldo Jadi Pesepak Bola dengan Pendapatan Tertinggi di Dunia

Apabila dirinci, pendapatan mantan pemain Juventus itu sebesar 51,25 juta pounds berasal dari gaji dan bonus performa selama satu musim membela Man United. Sedangkan 40,25 juta pounds sisanya berasal dari sponsor atau endorsement.

Dengan pendapatan sekitar Rp 1,78 triliun, Ronaldo sukses mengungguli Lionel Messi yang pada tahun 2020 berada di peringkat pertama.

Seperti Ronaldo, musim ini Lionel Messi juga pindah dari klub lamanya. Messi meninggalkan Barcelona untuk memperkuat klub asal Prancis, Paris Saint Germain. Total pendapatan Messi berkisar 80,5 juta pounds.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Transfer tersebut membuat Lionel Messi harus rela menempati peringkat kedua dalam daftar pesepak bola dengan pendapatan tertinggi di dunia versi Forbes.

Ditilik dari gaji dan bonus, jumlah yang diterima Messi sebenarnya masih lebih tinggi ketimbang yang didapat Ronaldo.

Kapten timnas Argentina Lionel Messi (kiri), dan kapten Portugal Cristiano Ronaldo.Soccer.ru/Kirill Venediktov/Anna Nassi Kapten timnas Argentina Lionel Messi (kiri), dan kapten Portugal Cristiano Ronaldo.

Baca juga: Ketika Postur Pendek Messi Bikin Anak Ronaldo Tak Percaya...

Total gaji dan bonus performa Lionel Messi untuk musim 2021-2022 diperkirakan mencapai 54,95 juta pounds.

Namun, Ronaldo unggul jauh atas Messi dari sisi sponsor atau endorsement. Jika Ronaldo bisa memiliki pendapatan dari endorsement sekitar 40,25 juta pounds, maka Messi diperkirakan hanya mendapat sekitar 26,5 juta pounds dari sponsor atau endorsement pada tahun ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.