Kompas.com - 24/09/2021, 19:02 WIB
Tangkapan layar video ikan teri yang bergerombol di pantai selatan Daerah Istimewa Yogyakarta saat ditangkap warga. Tangkapan layar video ikan teri yang bergerombol di pantai selatan Daerah Istimewa Yogyakarta saat ditangkap warga.

KOMPAS.com - Di media sosial, viral video yang merekam ikan teri yang "terbang" dari laut ke pinggir pantai di kawasan selatan Jogja.

Di Facebook, video itu salah satunya diunggah oleh akun Yogyakarta, Kamis (23/9/2021).

Dalam video itu terlihat beberapa orang menangkap ikan-ikan yang keluar dari laut. 

"Fenomena unik terjadi di wilayah pesisir pantai selatan Yogyakarta, saat gerombolan ikan teri berlompatan di pinggiran pantai."

Unggahan lainnya dibuat oleh akun Twitter @merapi_uncover pada 22 September 2021. Video yang diunggah sama, yaitu memperlihatkan ikan teri beterbangan.

"Panen teri Fenoma yang jarang terjadi di pesisir selatan DIY dimana banyak ikan teri yang merapat di pinggir pantai, ada yang ditangkap siang hari maupun malam hari."

Baca juga: Heboh Kabar Jaringan Internet Mati pada 24-30 September 2021, Hoaks!

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Akun Dinas Kelautan dan Perikanan DIY juga mengunggah dua video yang memperlihatkan hal tersebut pada 22 September 2021. 

"Panen teri. Fenomena yang jarang terjadi di pesisir selatan DIY di mana banyak ikan teri yang merapat di pinggir pantai, ada yang ditangkap siang hari maupun malam hari.

Hal ini disebabkan oleh banyak hal antara lain :
1. Perubahan suhu air laut yang drastis
2. Blooming alga/plankton sebagai pakan ikan teri
3. Arus kuat/gelombang tinggi.

Semoga bisa dimanfaatkan oleh nelayan dan masyarakat sekitar pantai untuk menambah pendapatan dan gizi keluarga".

Penjelasan akademisi

Dosen Departemen Perikanan Universitas Gadjah Mada (UGM) Suwarman Partosuwiryo menjelaskan, fenomena ikan teri beterbangan itu merupakan fenomena tahunan.

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.