Kompas.com - 24/09/2021, 14:00 WIB
Revitalisasi Jembatan Penyeberangan Orang Bundaran Senayan di Jalan Sudirman, Jakarta, Kamis (10/1/2019). Desain ketiga JPO itu akan berbeda dengan JPO lainnya. Ketiga JPO tersebut akan dipasangi kamera closed circuit television (CCTV), akan dipasangi lift serta dilengkapi tata pencahayaan warna-warni. Revitalisasi JPO ini ditargetkan selesai pada Januari 2019. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGRevitalisasi Jembatan Penyeberangan Orang Bundaran Senayan di Jalan Sudirman, Jakarta, Kamis (10/1/2019). Desain ketiga JPO itu akan berbeda dengan JPO lainnya. Ketiga JPO tersebut akan dipasangi kamera closed circuit television (CCTV), akan dipasangi lift serta dilengkapi tata pencahayaan warna-warni. Revitalisasi JPO ini ditargetkan selesai pada Januari 2019.

KOMPAS.com - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito memperingatkan adanya peningkatan mobilitas masyarakat.

Hal ini sangat berpotensi menimbulkan lonjakan kasus di kemudian hari.

"Hal yang perlu diwaspadai adalah dengan melandainya kasus Covid-19 saat ini, pasca second wave, mobilitas penduduk cenderung mengalami peningkatan. Dengan pola yang ada, bukan tidak mungkin kasus Covid-19 dapat kembali meningkat di kemudian hari sebagai dampak mobilitas yang meningkat saat ini," kata Wiku saat memberikan keterangan pers, Kamis (23/9/2021).

Sebelumnya, pemerintah telah melakukan pemantauan mobilitas masyarakat.

Pantauan mobilitas juga dilakukan secara virtual melalui Facebook Mobility, Community Mobility Report Google, dan Night Light dari NASA.

Baca juga: Alasan Vaksin Pfizer Belum Boleh untuk Anak di Bawah 12 Tahun

Indeks mobilitas

Google memantau indeks mobilitas masyarakat berdasarkan data dari pengguna yang mengaktifkan Histori Lokasi untuk Akun Google pengguna.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Data tersebut kemudian diolah dan diunggah dalam Laporan Mobilitas Masyarakat oleh Google.

Terdapat dasar pengukuran dalam indeks yang dihitung. Dasar pengukuran ini adalah nilai median untuk hari yang sesuai selama periode 5 minggu, yaitu 3 Januari–6 Februari 2020.

Dasar pengukuran tersebut dibandingkan dengan tren mobilitas selama 2-3 hari terakhir.

Indeks mobilitas masyarakat dari laporan Google per 18 September 2021, meliputi:

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.