Kompas.com - 24/09/2021, 11:05 WIB
Ilustrasi ekuinoks, fenomena ini terjadi ketika deklinasi Matahari senilai dengan garis khatulistiwa atau ekuator. Perbedaan durasi siang dan malam. ShutterstockIlustrasi ekuinoks, fenomena ini terjadi ketika deklinasi Matahari senilai dengan garis khatulistiwa atau ekuator. Perbedaan durasi siang dan malam.

KOMPAS.com - Indonesia mengalami fenomena astronomi berupa ekuinoks pada Kamis (23/9/2021).

Peneliti Pusat Riset Sains Antariksa-Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa BRIN Andi Pangerang memaparkankan, ekuinoks di bulan September terjadi pada Kamis (23/9/2021) pukul 02.20.59 WIB, 03.20.59 Wita, atau 04.20.59 WIT.

Fenomena ekuinoks September terjadi ketika titik perpotongan ekliptika dan ekuator langit yang dilewati matahari dalam perjalanan semu tahunan matahari dari langit belahan Utara menuju ke langit belahan Selatan.

"Secara singkat, Ekuinoks adalah fenomena astronomis ketika lintasan semu harian Matahari berimpit dengan garis katulistiwa," jelas Andi, dari keterangan yang diterima Kompas.com, Kamis.

Fenomena ini mempengaruhi durasi siang dan malam yang ada di Bumi, termasuk di Indonesia.

Lantas, betulkah durasi siang lebih panjang saat ekuinoks?

Baca juga: Apa Itu Pendarahan Otak yang Dialami Tukul Arwana, Penyebab, dan Gejalanya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pembiasan atmosfer

Equinox atau ekuinoks adalah fenomena astronomis ketika lintasan semu harian matahari berada di garis khatulistiwa.

"Bumi akan tegak, tidak ada belahan Bumi tertentu yang condong ke Matahari, sehingga garis batas siang malam atau terminator, berimpit dengan garis bujur atau meridian geografis Bumi," jelas Andi.

Posisi ini juga akan mempengaruhi perhitungan durasi siang dan malam di Bumi.

Adapun yang dimaksud dengan durasi siang adalah selang waktu yang dihitung sejak Matahari terbit hingga terbenam Matahari. Sementara, durasi malam adalah selang waktu yang dihitung sejak Matahari terbenam hingga terbit Matahari.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.