Kompas.com - 24/09/2021, 07:03 WIB
Beredar informasi di media sosial yang menyebutkan bahwa internet akan mati pada 24-30 September 2021. Informasi ini tidak benar. FacebookBeredar informasi di media sosial yang menyebutkan bahwa internet akan mati pada 24-30 September 2021. Informasi ini tidak benar.
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar narasi yang menyebutkan bahwa layanan internet berbagai provider akan mati pada 24-30 September 2021.

Narasi ini beredar di media sosial berbagai platform yaitu Facebook, TikTok, dan pesan berantai di aplikasi WhatsApp.

Informasi ini dipastikan tidak benar. Masyarakat diimbau untuk tak memercayai informasi yang beredar tanpa memastikan kebenarannya.

Narasi yang beredar

Selain narasi bahwa jaringan internet akan mati pada 24-30 September 2021, beberapa di antaranya juga menyebut internet akan mati karena adanya perbaikan kabel bawah laut palapa ring tengah Link Ondong Tahuna.

Mulai tanggal (24-30) jaringan internet akan mati total di seluruh Indonesia, jaringan Indosat, Telkomsel, Axis dll dan bahkan jaringan seluler biasa pun akan mati total krna adanya perbaikan kabel internet di bawah laut pengumuman ini berlaku di setiap kecamatan / provinsi masing” Dan di sosial media, selamat menikmati tanpa jaringan apa pun,” demikian narasi yang diunggah salah satu akun TikTok.

Ada pula yang membagikan video hoaks hiu menjadi penyebab gangguan jaringan internet dengan menyematkan status bahwa hal ini menyebabkan internet akan mati pada 24-30 September 2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Narasi soal internet mati ini di antaranya dibagikan akun ini, ini, ini, ini, ini, dan ini.

Beredar informasi jaringan internet akan mati pada 24-30 September 2021. Informasi ini tidak benar.Facebook Beredar informasi jaringan internet akan mati pada 24-30 September 2021. Informasi ini tidak benar.

Konfirmasi Kompas.com

Berdasarkan konfirmasi yang dilakukan Kompas.com, informasi yang menyebut matinya seluruh jaringan internet pada 24-30 September 2021 adalah tidak benar.

Indosat

Provider Indosat disebut dalam narasi yang beredar sebagai salah provider yang jaringan internetnya mati pada 24-30 September 2021.

Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Steve Saerang saat dihubungi Kompas.com, Kamis (23/9/2021), menyatakan, informasi tersebut tidak benar.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.