Kompas.com - 21/09/2021, 12:05 WIB
Tangkapan layar informasi soal Dekan FMIPA Institut Pertanian Bogor (IPB) sekaligus Dosen Biokimia IPB, Ir Hj Sri Nurdiati disebut memaparkan 9 poin penting diskusi mengenai antibodi. FacebookTangkapan layar informasi soal Dekan FMIPA Institut Pertanian Bogor (IPB) sekaligus Dosen Biokimia IPB, Ir Hj Sri Nurdiati disebut memaparkan 9 poin penting diskusi mengenai antibodi.
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Unggahan berisi informasi mengenai adanya Dekan FMIPA Institut Pertanian Bogor (IPB) sekaligus Dosen Biokimia IPB, Sri Nurdiati disebut memaparkan 9 poin penting diskusi mengenai antibodi beredar di media sosial.

Unggahan yang menyebutkan tentang berbagai hal tentang antibodi dan salah satunya tentang kelemahan virus tersebut beredar pada 15 Agustus 2021.

Kepala Biro Komunikasi IPB Yatri Indah Kusumastuti menegaskan bahwa informasi tersebut adalah hoaks. Pasalnya Sri Nurdiati merupakan pakar di bidang komputer sains dan tidak pernah memberikan diskusi terkait antibodi.

Narasi yang beredar

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, informasi mengenai 9 poin diskusi mengenai antibodi dituliskan oleh akun Facebook ini.

Disebutkan juga bahwa poin-poin diskusi itu disampaikan oleh DR Ir Hj Sri Nurdiati (Dekan FMIPA IPB dan Dosen Biokimia IPB).

Selain itu, unggahan juga menyebutkan beberapa sumber vitamin C dan vitamin E yang terdapat pada buah-buahan, kacang-kacangan, dan sayur-sayuran.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tangkapan layar informasi Dekan FMIPA Institut Pertanian Bogor (IPB) sekaligus Dosen Biokimia IPB, Ir Hj Sri Nurdiati disebut memaparkan 9 poin penting diskusi mengenai antibodi.Facebook Tangkapan layar informasi Dekan FMIPA Institut Pertanian Bogor (IPB) sekaligus Dosen Biokimia IPB, Ir Hj Sri Nurdiati disebut memaparkan 9 poin penting diskusi mengenai antibodi.

Berikut rincian pesan tersebut:

"*INILAH PAKAR YANG BENAR-BENAR MEMBERIKAN PENCERAHAN DAN HARAPAN, TIDAK MENAKUT-NAKUTKAN*
*sumber:*
*_DR. Ir. Hj. Sri Nurdiati (Dekan FMIPA IPB dan Dosen Biokimia IPB)_*
''Ramai orang tak sedar pentingnya "ANTIBODI" stoknya harus selalu ada. Orang lebih panik masker atau hand sanitizer hilang di pasaran. Harusnya kita lebih panik kalau "ANTIBODI" hilang di tubuh, kerana virus tidak mungkin dihindari.*'''
*Point Penting Dari Diskusi:*
'''1). Virus itu hanya boleh dikalahkan oleh "ANTIBODI"'''
'''2). "Antibodi" yang di dalam tubuh itu seperti kilang, kadang banyak kadangkala sedikit.'''
'''3). Agar produksi "anti bodi" banyak, selalu ambil vitamin C dan E setiap hari serta berjemur Sinar Matahari.(Vitamin D).
'''4). '''Virus itu tak mungkin dihindari, jadi pasti selalu ada, contohnya jika bersin, mungkin dipastikan ada virus di situ. Bersin indikasi tubuh menolak.'''
'''5). Kalau berhasil tembus ke hidung dekat tenggorokan, tubuh akan batuk, tanda menolak.'''
'''6). Kalau masih tembus juga, baru demam. Tapi jgn takut. Demam tandanya tubuh sedang melawan perang dgn virus itulah mekanisme alamiah tubuh utk melawan virus.
'''7). '''Kelemahan virus ialah pada sabun. Kalau tak ada hands sanitizer, guna sabun apa saja bahkan sabun cuci piring juga boleh. Dlm 3-5 minit, virus akan mati dgn sabun.'
''
'''8). '''Selama 14 hari "antibodi" kita akan merakam virus ini dan disimpan dlm *sel memori* di otak.'''
'''9). Jadi, kalau kita sembuh dan suatu saat kena corona lagi, sel memori ini akan aktif dalam 24 jam (tak perlu menunggu 14 hari lagi).'''
'''Jadi, mari kita lebih fokus ke dalam tubuh dgn meyakinkan'''
_"STOCK ANTIBODI CUKUP"_ ''' alias vitamin C/E rutin diambil dan berjemur Sinar Matahari yang paling mudah utk Vitamin D.
''' *Catatan 
*_Sumber vitamin C dan E terdapat pada buah2an, kekacang dan sayur2an, antara lain:_*'''
? limau Manis/nipis
? Tomato
? Jambu Batu
? Kacang Tanah
? Kacang Hijau
? Bayam
? Pucuk belinjau
? pucuk pisang
? Avocado
? Buah Pisang
? Brokolli
? Minuman Rempah (teh herbal/organik ,kopi organik ,Serai, halia, kunyit, limau nipis)
dan semua sayuran HIJAU
'''Semoga bermanfaat Untuk kita semua & masyarakat.'''
"Ingat! Perkuatkan AntiBodi Anda"
*SEMOGA BERMANFAAT.*"

Hingga, Minggu (12/9/2021), unggahan itu sudah direspons sebanyak 160 kali dan dibagikan sebanyak 70 kali oleh pengguna Facebook lainnya.

Konfirmasi Kompas.com

Saat dikonfirmasi, Kepala Biro Komunikasi IPB Yatri Indah Kusumastuti menegaskan bahwa informasi tersebut adalah hoaks.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.